Pengertian Manajemen Sarana dan Prasarana Beserta Fungsinya

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian Manajemen Sarana dan Prasarana Beserta Fungsinya


Selamat Datang kembali para Administrator Muda .
Halloo para administrator muda,  kali ini qtkakita ingin membahas  mengenai Manajemen sarana dan prasarana dan  Fungsi – Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana . Baiklah, langsung saja scroll down .

Pengertian Manajemen Sarana dan Prasarana 


Manajemen sarana dan prasarana menurut rugaiyah : 2011 . 63 merupakan suatu kegiatan pengelolaan dari sarana dan prasarana yang dilakukan dalam sebuah instansi , perkantoran , atau organisasi dalam upaya untuk menunjang keselurahan kegiatan sehingga kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar .



Fungsi – Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana .

Fungsi Manajemen sarana dan prasarana terdiri dari 7 bagian , yaitu :

1. Fungsi Perencanaan ( Planning )

Fungsi perencanaan atau planning adalah kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai macam rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama . Perencanaan dapat juga  diartikan  sebagai sebuah  upaya dari pemanfatan sumber – sumber daya yang ada atau tersedia dengan tetap memperhatikan segala bentuk keterbatasan yang berguna untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien .
Prosedur dalam melakukan perencanaan dalam manajemen sarana dan prasarana , yaitu :
a. Dapat mengadakan analisis perlengkapan atau peralatan yang dibutuhkan .
b. Penyeleksian terhadapat perlengkapan atau peralatan yang dibutuhkan .
c. Menetapkan anggaran yang dikeluarkan .
d. Menunjuk seseorang yang profesional , kompeten dan akuntabel dalam melakukan pengadaan sarana dan prasarana .

Faktor yang diperhatikan dalam membuat suatu perencanaan , yaitu :

a) Smart : Tujuan harus jelas .
b) Measurable : Program kerja harus dapat diukur keberhasilannya .
c) Achievable : Dapat dicapai .
d) Realistis : Sesuai dengan kemampuan .
e) Time : Ada batas waktu yang jelas .


2. Fungsi Pengadaan sarana dan prasarana

Fungsi Pengadaan sarana dan prasarana adalah sebuah  proses kegiatan dalam mengadakan sarana dan prasarana yang dilakukan dengan cara seperti , melakukan transaksi pembelian , sumbangan dari instansi , perkantoran atau organisasi lain , hibah dari pemerintah dan yang lainnya .

3. Fungsi Penginventarisasian Sarana dan Prasarana

Fungsi Penginventarisasian Sarana dan Prasarana merupakan sebuah proses kegiatan dari penggunaan barang , penyelenggaraan barang , pengaturan dan pencatatan barang hingga penyusunan daftar barang – barang yang dimiliki sebuah instansi , perkantoran atau organisasi secara teratur . kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk menjaga dan menciptakan tata tertib administrasi dalam pengelolaan barang di instansi pemerintaha , perkantoran atau organisasi .

4. Fungsi Penggunaan dan Pemanfaatan

Fungsi Penggunaan dan Pemanfaatan adalah kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan serta pemanfaatan sarana dan prasarana ini secara efektif dan efisien dengan memepertimbangakan beberapa hal yaitu :
a. Tujuan yang telah ditetapkan atau yang ingin di capai .
b. Ketersediaan media yang memadai dengan sarana dan prasarana yang telah disediakan .
c. Sarana dan prasarana yang memadai .


5. Fungsi Pemeliharaan sarana dan prasarana

Fungsi Pemeliharaan adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan penjagaan , pemeliharaan serta penyimpanan barang sehingga sarana dan prasarana dapat bertahan lama dan awet .

6. Fungsi Penghapusan

Fungsi Penghapusan merupakan fungsi yang berkaitan dengan kegiatan pelepasan dari suatu barang , pelepasan barang dapat dilakukan dengan cara hibah atapun pelelangan .

7. Fungsi Pertanggungjawaban

Fungsi Pertanggungjawaban adalah fungsi yang berkaitan dengan kegiatan pelaporan mengenai penggunaan barang – barang , yang diberi beban pertanggungjawaban adalah pimpinan selaku kepala kantor .

Sekian informasi dari Penulis mengenai Manajemen Sarana dan Prasarana dan Fungsi – Fungsi  Manajemen Sarana dan Prasarana .
Semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat bagi teman – teman semua .

Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook dibawah  ini dan klik ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .

Enjoy . . . . . . . .

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Manajemen Sarana dan Prasarana Beserta Fungsinya"