17 Jenis atau Contoh Mesin-Mesin Kantor

Daftar Isi [Tampil]

15 Jenis atau Contoh Mesin-Mesin Kantor

mesin kantor

Selamat Datang para Administrator Muda Indonesia . Kali ini penulis akan membahas mengenai Contoh Mesin - Mesin Kantor . Baiklah langsung saja scroll down ! ! !

Pengertian Mesin Kantor

Mesin kantor ialah suatu perlengkapan yang berupa peralatan – perlatan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk mengumpulkan / menghimpun , mencatat , serta mengolah bahan – bahan ataupun data dalam kegiatan ketata usahaan yang cara bekerjanya menggunakan tenaga elektrtik ataupun magnetik .

Menurut wursanto , mesin kantor merupakan sebuah peralatan yang sifatnya mekanik , magnetis ataupun elektris yang biasanya digunakan untuk mengumpulkan , mengetik , menggandakan serta mengirim suatu keterangan kepada lembaga yang dibutuhkan atau yang saling berkaitan .

Jadi , dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pengertian Mesin – Mesin kantor adalah sebuah peralatan yang bersifat eletrik yang biasa digunakan dalam kegiatan administrasi umum seperti , catat mecatat, mengetik , menggandakan dokumen dan mengirimkan dokumen demi tercapainya tujuan perusahaan atau instansi .

15 Jenis atau Contoh Mesin – Mesin Kantor

1. Mesin Kantor Diktafon


Mesin Diktafon merupakan Seperangkat mesin kantor yang berguna untuk merekam suara . dimana mesin diktafon dapat mendikte atau mengulang kembali rekaman suara tersebut secara perlahan sehingga seorang sekretaris dapat mencatat isi pesan dari suara tersebut .

2. Mesin Kantor Komputer


Mesin Komputer merupakan sebuah peralatan mesin kantor dapat dikatan serbaguna karena hampir setiap pekerjaan perkantoran sekarang dilakukan didepan layar komputer selain memudahkan dalam pekerjaan kantor , mesin komputer juga memeliki tempat penyimpanan data yang begitu luas . mesin komputer di sokong dengan tenaga listrik untuk itu jika listrik tidak ada makan mesin komputer tidak dapat bekerja .

3. Mesin Kantor Stensil


Mesin Stensil merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk menggandakan sebuah dokumen . mesin stensil terbagi 2 jenis yaitu mesin stensil yang manual dan ada mesin stensil yang dibantu tenaga listrik .

4. Mesin Kantor Scanner


Mesin Scanner merupakan termasuk salah satu mesin kantor yang berguna untuk menggandakan dokumen hanya saja mesin scanner menggadakan dengan hasil yang berbentuk sebuah file photo ( .jpg atau .png dan yang lainnya ) , bukan seperti mesin fotocopy atau mesin stensil yang menghasilkan sebuah dokumen berupa kertas .

5. Mesin Kantor Faximile


Mesin Faximile merupakan seperangkat mesin kantor yang digunakan untuk memindahkan atau mengirim data dari sebuah komputer ke instansi lain . dalam berjalannya waktu mesin faximile jarang digunakan karna salah saing dengan mesin – mesin pemindah atau pengirim data seperti gmail , yahoo dan web online lainnya .

6. Mesin KantorOffset


Mesin Offset merupakan sebuah mesin kantor yang digunakan untuk memindah sebuah huruf atau kata ke sebuah balnket . mesin offset adalah salah satu mesin kantor yang harganya cukup mahal untuk itu jarang kita lihat perusahaan atau instansi yang memakai alat ini kecuali perusahaan yang bergerak di bidang percetakan .

7. Mesin Kantor Spirit Duplicater


Mesin Spirit Duplicater adalah peralatan yang termasuk dalam mesin kantor yang berguna sebagai penggada dokumen , Mesin Spirit Duplicater ini dapat menggadakan banyak dokumen sekaligus dengan waktu bersamaan . hanya saja proses penggadaannya memerlukan kertas karbon sebagai alat dari dokumen asli

8. Mesin Kantor Printer


Mesin Printer adalah seperangkat mesin kantor yang bergunan untuk mencetak dokumen dari sebuah komputer . mesin printer adalah mesin yang sangat sering digunakan dalam kegiatan perkantoran , untuk itu alat ini menjadi alat yang sangat penting  jika anda berkerja disebuah kantor  atau perusahaan .

9. Mesin Kantor  Risograph


Mesin Risograph adalah seperangkat mesin kantor yang memiliki kemiripan keguanaan dengan mesin printer , hanya saja mesin risograph dapat mencetak lebih banyak dokumen dari pada mesin printer . pada saat mencetak mesin risograph dapat menghasilkan lebih kurang 120 lembar halaman sekaligus .

10. Mesin Kantor Absensi


Mesin Absensi adalah seperangkat mesin kantor yang digunakan untuk absensi pegawai dengan bantuan listrik jadi tidak memerlukan absensi manual . masin absensi bekerja dengan memverifikasi sidik jari seorang pegawai yang sebelumnya sudah terdaftar dalam mesin absensi tersebut .

11. Mesin Kantor Fotocopy


Mesin Fotocopy adalah sebuah mesin kantor yang digunakan untuk proses penggandaan dokumen dengan skala besar . mesin fotocopy hanya menghasilkan dokumen yang berlatar hitam putih dan tidak dapat menghasilkan dokumen yang berwarna . mesin ini juga dibantu dengan bantuan tenaga listrik dalam pengoperasiannya .

12. Mesin Kantor Tik


Mesin Tik atau yang dulu lebih dikenal dengan mesin ketik adalah sebuah mesin kantor yang digunakan untuk kegiatan pengetikan , mesin tik digunakan sebelum adanya mesin komputer . pada pemakaiannya mesin tik memerlukan tingkat ketelitian dan keseriusan yang begitu tinggi , karna jika ada saja kata ata huruf yang salah makan dokumen harus diketik dari awal karena di mesin tik tidak dapat digunakan penghapusan kata  atau huruf .

13. Mesin Kantor Penjilid


Mesin Penjilid adalah seperangkat mesin kantor yang digunakan untuk menjilid sebuah dokumen – dokumen kantor . penggunaan mesin penjilid ini sangat praktis karena mesin penjilid memiliki kemampuan untuk menampung dokumen berskala besar .

14. Mesin Kantor Teleks 


Mesin Teleks adalah seperangkat mesin kantor yang berguna untuk mengirimkan berita atau informasi dari satu tempat ke tempat yang lainnya , bahkan jangkaun mesin teleks ini sampai keluar negeri loh ..

15. Mesin Kantor Proyektor 


Mesin Proyektor  merupakan seperangkat mesin kantor yang biasanya digunakan oleh seorang pegawai atau pimpinan dalam melakuka sebuah presentasi , biasanya presentasi menganai kinerja pegawai , presentasi mengenai anggaran kantor , atau yang lainnya .

16. Mesin Kantor Kalkulator

Mesin kantor ini memiliki ukuran yang kecil tapi mempunyai nilai guna yang sangat penting. Biasanya kalkulator digunakan untuk menghitung dalam skala besar dan tidak memungkinkan untuk dihitung melalui pola pikir manusia secara cepat. Kalkulator dapat melakukan perhitungan secara efektif sehingga ini berdampak baik dalam kelancaran dan kemudahan dalam melakukan pekerjaan.

17. Mesin Kantor Shredde atau Penghancur kertas

Mesin kantor ini berfungsi untuk menghancurkan lembaran kertas yang sudah tidak digunakan menjadi kepingan-kepingan kecil , mesin ini bertujuan untuk menjaga dokumen-dokumen yang bersifat penting ataupun rahasia dari perusahaan tersebut.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan jika dokumen tidak dihancurkan akan tercecer dan menyebar sehingga dikhawatirkan ada oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya secara tidak benar dari fungsinya. 

Sekian informasi dari penulis mengenai Contoh Mesin - Mesin Kantor .

Semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat bagi teman – teman semua .

Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook dibawah  ini dan klik ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .

Enjoy . . . . . . . . 


Tidak ada komentar untuk "17 Jenis atau Contoh Mesin-Mesin Kantor"