Pengertian Protokol dan Ruang Lingkup Protokol

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian Protokol dan Ruang Lingkup Protokol


Selamat Datang kembali para Administrator Muda .
Kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Protokol, Ruang Lingkup Protokol , Jenis – Jenis Kegiatan Protokol dan Unsur – Unsur Protokol . Baiklah , langsung saja scroll down ! ! !

 Ruang Lingkup Protokol .

Protokol terdiri dari 2 kata , yaitu kata “ protos “ yang berarti “ yang pertama “ dan kata “ kolla “ yang berarti “ lem atau perekat “ . dapat diartikan bahwa Pengertian protokol merupakan sebagai lembaran perintah atau keputusan raja kepada rakyatnya . Awal mulanya protokol berasal dari bahasa yunani yang dibawa oleh belanda dan diterjemahkan dalam bahasa inggris . Pengertian protokol adalah sebuah kegiatan atau rangkaian dari beberapa aturan – aturan dalam acara keupacaraan dengan segala bentuk kegiatan resmi yang diatur secara tertulis maupun dipraktekkan , seperti bentuk – bentuk penghormatan terhadap Negara , jabatan kepala Negara atau jabatan menteri yang sering dijumpai dalam seluruh kegiatan kebangsaan .
Ruang lingkup protokol ada 3 bagian , yaitu :
1.      Sebagai bentuk penghormatan kebangsaan , kedudukan dan penghormatan terhadap jenazah .
2.      Sebagai bentuk perlakuan terhadap lambang kehormatan NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ) , para pejabat Negara serta pejabat pemerintahan , dan tokoh – tokoh masyarakat tertentu .
3.      Sebagai bentuk pengaturan kunjungan dan upacara dalam acara kenegaraan dan acara resmi .

  Jenis – Jenis Kegiatan Protokol atau Keprotokolan .


Ada 2 jenis kegiatan protokol , yaitu :
1.      Jenis kegiatan kenegaraan atau umum
Jenis kegiatan yang bersifat umum ini dapat pula berlaku di tingkat universitas atau perguruan tinggi atau kedinasan instansi , seperti :
a)      Upacara penandatanganan naska kerja sama .
b)      Upacara sumpag pegawai
c)      Upacara peresmian gedung atau kantor baru .
d)      Peresmian pembukaan seminar .
e)      Upacara pelantikan dan serah terima jabatan .
2.      Jenis kegiatan yang bersifat universitas atau perguruan tinggi ( PT ) . seperti :
a)      Upacara wisuda sarjana .
b)      Upacara pengukuhan guru besar .
c)      Upacara promosi doctor / doctor honoris causa .
d)      Upacara dies natalies .

Unsur – Unsur Protokol atau Keprotokolan .


Ada 3 unsur – unsur yang terdapat pada protokol atau keprotokolan , yaitu :
1)      Tata Krama .
Sangat diperlukan kata – kata yang baik dan tepat menurut tinggi – rendahnya derajat dari para pejabat , disesuaikan dengan peristiwanya .
2)      Tata Cara Acara / Upacara .
Dalam suatu acara / upacara diharpkan segalah proses  dapat dilakukan dengan hormat ( khidmat ) dan tertib menurut aturan dan adat yang sudah ditetapkan dan harus ditaati oleh semua anggota upacara .
3)      Aturan Acara / Upacara
Aturan dalam acara / upacara dilakukan sesuai pada rumus – rumus tertentu yang telah ditentukan atau ditetapkan . seperti : seating arrangement , tata tempat , perlakuan terhadap bendera / lagu kebangsaan dan lembang Negara .
Sekian informasi dari Penulis  mengenai Pengertian Protokol, Ruang Lingkup Protokol , Jenis – Jenis Kegiatan Protokol dan Unsur – Unsur Protokol .
Semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat bagi teman – teman semua .
Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook dibawah  ini dan klik ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .

Enjoy . . . . . . . .


Tidak ada komentar untuk "Pengertian Protokol dan Ruang Lingkup Protokol"