Protokol: Pengetian,Tugas Umum, Aspek dan Strategi Keprotokolan

Daftar Isi [Tampil]

Protokol: Pengetian,Tugas Umum, Aspek – Aspek Keprptokolan dan Strategi Keprotokolan


Selamat Datang kembali para Administrator Muda .
Kali ini kita akan membahas mengenai Protokol: Pengetian,Tugas Umum, Aspek – Aspek Keprptokolan dan Strategi Keprotokolan .Baiklah , langsung saja scroll down ! ! ! 

 Pengertian Protokol

Pengertian protokol adalah sebuah kegiatan atau rangkaian dari beberapa aturan – aturan dalam acara keupacaraan dengan segala bentuk kegiatan resmi yang diatur secara tertulis maupun dipraktekkan , seperti bentuk – bentuk penghormatan terhadap Negara , jabatan kepala Negara atau jabatan menteri yang sering dijumpai dalam seluruh kegiatan kebangsaan .

Jadi , pengertian protokol protokol adalah sebuah kegiatan atau rangkaian dari beberapa aturan – aturan dalam acara keupacaraan dengan segala bentuk kegiatan resmi yang diatur secara tertulis maupun dipraktekkan , seperti bentuk – bentuk penghormatan terhadap Negara , jabatan kepala Negara atau jabatan menteri yang sering dijumpai dalam seluruh kegiatan kebangsaan .



 Defenisi atau Pengertian Tugas

Tugas adalah suatu kegiatan yang mana kegiatan tersebut harus segera dilakukan / dilaksanakan untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi , instansi maupun perusahaan yang telah ditetapkan / ditentunkan bersama – sama .

 Tugas Umum Protokol

Tugas umum protokol dibagi menjadi 5 bagian , yaitu :

1.      Tugas Tata Ruang .

Tugas tata ruang adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan suatu ruangan , ( classroom , teater , conference , dan sebagai nya ) . Lambang Negara , Bendera , Gambar Presiden , Gambar Wakil Presiden , Meja , Kursi , dan Podium . Tata Cahaya , Tata Suara , Dekorasi . Perlengkapan upacara ( sirine , gong , prasasti , dan lain – lain ) .

2.      Tugas Tata Tempat .

Tugas tata tempat merupakan suatu norma yang berlaku dalam hal tata tempat duduk para pejabat yang didasarkan atas kedudukannya dalam kenegaraan atau kebangsaan ; kedudukan administrative / kedudukan structural dan kedudukan social nya .
Yang temasuk bagian tata tempat adalah :
a)      Tata tempat duduk .
b)      Tata urutan memasuki kendaraan .
c)      Tata urutan kedatangan dan kepergian tamu .

3.      Tugas Tata Upacara .

Tugas tata upacara merupakan tata urutan dari suatu kegiatan , yaitu bagaimana acara harus berjalan sesuai jenis aktivitasnya . dan hal yang perlu untuk diperhatikan adalah :
a)      Bahasa pengantar .
b)      Jenis kegiatana .
c)      Menyusun acara dengan urutan yang besar .
d)      Materi aktivitas .
e)      Menyipakan personil yang terlibat dalam acara untuk menetapkan urutan dan menghubungi yang akan memberikan sambutan sesuai jenjang jabatannya , pejabat tertinggi memeberikan kata sambutan terakhir .

4.      Tugas Tata Busana .

Tugas tata busana merupakan kegiatan menetapkan pakaian yang harus dikenak oleh seorang protokol dalam suatu kegiatan . dan tidak hanya protokol saja para pejabat dan petugas pelaksana kegiatan harus diatur tata busananya .

5.      Tugas Tata Warkat .

Tugas tata warkat merupakan suatu kegiatan penataan administrasi surat – menyurat dan undangan yang berkaitan langsung dengan acara yang dijalankan atau dilaksanakan .

Aspek – Aspek Keprptokolan


Ada 7 aspek – aspek keprotokolan , yaitu :

1.      Aspek Regulation .

Yaitu aspek untuk menguasai berbagai ilmu keprotokolan .

2.      Aspek Preseance .

Yaitu aspek untuk memberikan kelayakan kepada orang atau lambang , pengaturan tata tempat dan pengaturan tata ruang .

3.      Aspek Appearance

Yaitu aspek untuk penampilan seseorang yang benuansa keprotokolan

4.      Aspek Koordinasi .

Yaitu aspek untuk hubungan kerja sama untuk berkoordinasi dengan semuanya dalam pelaksanaan kegiatan keprotokolan .

5.      Aspek Etiket .

Yaitu aspek mengenai tata sopan santun .

6.      Aspek Bahasa .

Yaitu aspek penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar .

7.      Aspek Security .

Yaitu aspek pengamanan .

 Strategi Keprotokolan


Strategi keprotokolan merupakan pernyataan mengenai arah dan tindakan yang diinginkan meliputi suatu rencana program dan tindakan manajemen untuk mencapai tujuan yang diiginkan yang dapat menumbuhkan kepuasan baik dari atasan atau pimpinan , pengamat dan masyarakat atau public pengikut upacara .
Strategi keprotokolan dibagi menjadi 2 bagian , yaitu :

a)      Arah .

Arah merupakan bahwa setiap pelaku didalam suatu kegiatan upacara dapat mengetahui tentang peranan , tentang fungsi dari suatu kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga tidak lagi memerlukan secara optimal dari protokol officers .

b)      Tindakan .

Tindakan merupakan suatu kegiatan mengadakan identifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan acara yakni sumber daya pegawai , organisasi system kerja atau manajemen dan lingkungan pendekatan analisi . CSIA kepanjangan dari Critical Succes Issues Analysis yang terdiri dari analisi kekuatan , kelemahan dan peluang internal serta tantangan baik yang bersifat internal ( dari dalam organisasi ) maupun eksternal ( dari luar organisasi ) .

Sekian informasi dari Penulis mengenai Protokol: Pengetian,Tugas Umum, Aspek – Aspek Keprptokolan dan Strategi Keprotokolan .

Semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat bagi teman – teman semua .
Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook dibawah  ini dan klik ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .


Enjoy . . . . . . . .


Tidak ada komentar untuk "Protokol: Pengetian,Tugas Umum, Aspek dan Strategi Keprotokolan"