Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Menurut para Ahli Beserta Jenisnya .

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar

sop adalah, pengertian sop, pengertian sop adalah


Selamat Datang kembali para Administrator Muda .

Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu  Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl StandarBaiklah , langsung saja Scroll Down ! ! !  !

Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar .


Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar adalah sebuah tata cara ( kelola ) / tahapan yang dibakukan atau ditetapkan dan yang dapat harus dilaksanakan dan dilalui oleh setiap elemen perusahaan untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu .

Dan juga SOP merupakan sebuah panduan dari hasil suatu pekerjaan yang diinginkan serta sebuah proses kerja yang haru dilakukan atau dilaksanakan . Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar harus dapat didokumentasikan dan dibuat secara tertulis yang mana isinya berkaitan dengan prosedur / alur proses kerja secara terperinci dan sistematis .

Standar Operasional Prosedur ( SOP ) merupakan sebuah panduan yang berisi segala peraturan / prosedur secara tertulis yang mana prosedur tersebut berkaitan dengan pelaksanaan tugas dari suatu perusahaan yang sifatnya standar dan baku .

Jadi , dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar adalah sebuah panduan yang sistematis berisi tentang segala peraturan dan prosedur dalam melakukan sebuah kegiatan perkantoran atau perusahaan agar proses pekerjaan dapat dilaksanakan dengan teratur .

Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar Menurut Para Ahli  yaitu :

Menurut Moekijat ( Th . 2008 )

Pengertian SOP menurut moekijat merupakan sebuah urutan sistematis yang berisi langkah-langkah pelaksanaan untuk mengerjakan suatu pekerjaan, di mana pekerjaan tersebut dapat dilakukan, berhubungan dengan apa perkerjaan tersebut, bagaimana melakukan perkerjaan tersebut, bilamana melakukan pekerjaan tersebut , di mana melakukan perkejaan tersebut, dan siapa yang melakukan pekerjaan tersebut.

Menurut Insani ( Th . 2010:1 )

Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) adalah sebuah dokumen yang didalamnya terdapat serangkaian arahan atau instruksi tertulis yang dibakukan untuk melakukan berbagai proses pekerjaan administrasi disebuah perkantoran yang mana dokumen tersebut  berisi bagaimana cara melakukan pekerjaan tersebut kapan ( waktu ) pekerjaan tersebut dilaksanakan , dimana  tempat pelaksanaan pekerjaan tersebut dan siapa saja orang yang harus berpartisipasi atau  berperan dalam pekerjaan tersebut .

Menurut Tjipto Atmoko ( Th . 2011 )

Menurut Tjipto Atmoko Standar Operasional Prosedur  atau SOP merupakan sebuah panduan , pedoman / acuan untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan , yang mana proses perkerjaan tersebut diharpakan sesuai dengafungsi dan sistem penilaian kinerja pada perkantoran , perusahaan atau instansi berdasarkan prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Menurut Sailendra ( Th .  2015:11 )

Menurut Sailendra, Pengertian Standar Operasional Prosedur  SOP adalah sebuah panduan yang digunakan untuk memastikan apakah pekerjaan operasional perusahaan berjalan dengan teratur dan lancar .

Jadi , dari pengertian  SOP menurut para ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar merupakan sebuah panduan atau pedoman dalam melakukan pekerjaan dimulai dari bagaimana melakukannya , kapan melakukannya , dimana melakukannya dan siapa saja yang terlibat , hal ini dilakukan untuk memastikan agar pekerjaan dapat berjalan lancar dan teratur .

   Jenis – Jenis Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar .

Ada 2 jenis SOP , yaitu :

1.      Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Teknis

SOP Teknis merupakan sebuah prosedur yang sangat rinci dari pekerjaan yang dilakukan dan setiap poin dari prosedur diuraikan secara teliti .
Ciri – ciri SOP Teknis , yaitu :
1.      Pelaku pelaksana dari kegiatan berjumlah 1 , baik perorangan maupun kesatuan tim .
2.      Prosedur berisi langkah – langkah yang rinci dan detail dalam melaksanakan kegiatan .
Contoh SOP Teknis : SOP Pemeliharaan dan SOP Pengoperasian alat -alat medis .

2.      Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Administratif .

SOP Administratif merupakan sebuah prosedur yang tidak terlalu rinci bersifat umum dan berhubungan dengan kegiatan administratif .
Ciri – Ciri SOP Administratif , yaitu :
1.      Pelaku pelaksana lebih dari 1 orang atau lebih dari 1 tim .
2.      Tahap pelaksanaan bersifat makro sehingga tidak menggambarkan cara melakukan kegiatan .


Sekian informasi dari Penulis mengenai Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) atau Prosedur Operasioanl Standar Menurut Para Ahli dan Jenisnya.

Semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat bagi teman – teman semua . Jika ada kesalahan penulisan Mohon Maaf .

Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook dibawah  ini dan klik ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .

Enjoy . . . . .


Tidak ada komentar untuk "Pengertian Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Menurut para Ahli Beserta Jenisnya ."