Bakti Sosial Mahasiswa KKN-DR PLUS UIN SUSKA RIAU Desa Tarai Bangun

Daftar Isi [Tampil]

KKN-DR Plus UIN SUSKA RIAU Desa Tarai Bangun

Covid-19 atau lebih dikenal dengan sebutan Virus Corona merupakan virus yang berasal dari Negara Tirai Bambu yaitu China lebih tepatnya dari Kota Wuhan. Virus ini sangat menggemparkan seluruh dunia. Tidak hanya di China, virus ini sudah menyebar ke beberapa Negara Asia seperti Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Indonesia dan masih banyak lagi. Tidak hanya di Asia, virus ini juga merambat pada beberapa benua lainnya seperti Eropa dan Amerika.

Di Indonesia sendiri Covid-19 atau Virus Corona masuk pertama kali saat Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ada 2 orang yang positif terinveksi virus pada hari Senin tanggal 02 Maret 2020 lalu. Hingga saat ini korban yang terinfeksi pun semakin bertambah. Tentunya ini menyebabkan resah dikalangan masyarakat. Mengingat bahwa virus ini sangat mudah menular bahkan hanya dengan berjabat tangan.
Persiapan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di Mesjid dan beberapa Musholla
di Desa Tarai Bangun.

Jadi untuk mencegah terjadinya penyebaran yang terbilang sangat mudah ini, Mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam Kuliah Kerja Nyata yang berbasis Dari Rumah (KKN-DR PLUS) melaksanakan kegiatan berupa penyemprotan disinfektan di Mesjid dan beberapa Mushola di Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, (Senin, 20/07/2020). 
Proses pemberian handsoap di Mesjid.

Selain penyemprotan disinfektan, para mahasiswa yang terdiri dari 3 tim masing-masing 4 orang ini juga memberikan handsoap di setiap mesjid dan mushola yang dikunjungi. Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi resiko terjangkitnya virus corona dan dilakukan dengan didampingi oleh RT/RW setempat.


Asriadi, selaku RT setempat mengungkapkan “bagus ya, dengan adanya kegiatan ini sangat membantu warga desa Tarai Bangun, khususnya RT 01 dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini. Terutama di mesjid atau mushola yang sering di kunjungi baik itu oleh warga setempat maupun musafir yang sedang dalam berpergian. Ya, meski di desa ini belum ada, inshaallah jangan sampai ada, tapi ini bagus untuk berjaga-jaga” tuturnya.
Kegiatan gotong royong bersama pihak Desa di SMPN 08 Tarai Bangun

Selebihnya, mahasiswa-mahasiswa ini juga aktif dalam membantu beberapa tugas dari desa Tarai Bangun. Seperti beberapa hari sebelumnya, Mahasiswa KKN-DR ini juga ikut serta dalam membantu kegiatan gotong royong yang diadakan oleh pihak desa di SMP N 08 Tarai Bangun yang baru saja didirikan.

Dalam kegiatan ini tidak hanya pihak desa dan beberapa guru, beberapa mahasiswa dari kelompok KKN berbeda juga ikut serta membantu. Seperti, kelompok KKN dari UIN Suska Riau lainnya, KKN UR, KKN UNAND, dan masih banyak lagi yang juga melaksanakan KKN di desa Tarai Bangun ini.

Kegiatan lainnya juga berupa seperti membantu tugas desa dalam masalah administrasi. Aparatur desa mempercayai mahasiswa-mahasiswa KKN ini dalam tugas penginputan data KK dibeberapa RT/RW di desa tersebut.
Kegiatan menyemenisasi halaman Mesjid untuk persiapan sholat idul adha

Terakhir, meskipun KKN-DR ini umumnya berbasis online, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa juga dapat berbaur dengan masyarakat sekitar. Tentunya hal ini di lakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan saat ini. Para Mahasiswa KKN ini juga ikut serta membantu warga dalam menyemenisasi lapangan mesjid bagi mahasiswa laki-laki, dan untuk para mahasiswi membantu ibu-ibu dalam menyiapkan makanan dan minuman untuk para bapak-bapak yang bekerja.