3 Ciri-Ciri Pekerjaan Kantor Yang Biasa Ditemukan - Administrasi Perkantoran

Daftar Isi [Tampil]

3 Ciri-Ciri Pekerjaan Kantor Yang Biasa Ditemukan 

Selamat Datang kembali para Administrator Muda Indonesia . Kali ini kita akan membahas mengenai apa saja sih  Ciri – Ciri Pekerjaan Kantor / Perkantoran . Baiklah , berikut ini adalah beberapa Ciri – Ciri Pekerjaan Perkantoran / Kantor menurut penulis , langsung saja Scroll Down ! ! !  !

Sumber :hipwee.com

Sebelum kita masuk mengenai ciri – ciri pekerjaan kantor , sebaiknya kita mengerti dan mengetahui dulu pengertian dari pekerjaan kantor itu sendiri . Pekerjaan Kantor merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus atau berulang – ulang seperti kegiatan catat – mencatat , ketik – mengetik , mengumpulkan data dan mengirimkan data . sedangkan menurut Goerge R Terry merumuskan pengertian pekerjaan perkantoran adalah suatu pekerjaan yang meliputi membuat sebuah warkat  dan menyampaikan sebuah keterangan baik lisan maupun tulisan sebagai manfaat untuk menyimpulkan informasi guna menyediakan peraturan dan landasan bagi tindakan dan kontrol pegawai dan pimpinan.

Berbagai macam pekerjaan yang terdapat diperkantoran mulai dari kegiatan perencanaan , kegiatan pengorganisasian , kegiatan penggerakan sampai kepada kegiatan pengawasan. Sedangkan lebih lengkapnya lagi pekerjaan perkantoran meliputi kegitan seperti kegiatan catat – mencatat , kegiatan menghimpun data / dokumen, kegiatan mengolah data / dokumen , kegiatan mengirim data / dokumen , kegiatan menggandakan data / dokumen dan yang terakhir kegiatan penyimpanan data / dokumen . 

Semua pekerjaan  kantor / perkantoran tersebut mempunyai ciri – ciri yang sama . Ciri – Ciri pekerjaan kantor / perkantoran itu terdiri dari 3 aspek yaitu bersifat melayani , merembes segenap bagian organisasi , dan dilakukan oleh semua pihak . 

Berikut ini penjelasan dari ciri – ciri pekerjaan kantor :

Sumber : glints.com
1. Bersifat Pelayanan

Suatu pekerjaan administrasi kantor / perkantoran pasti mempunyai ciri yang mendasar yaitu bersifat melayani ( Pelayanan ) pekerjaan operasional ( tugas / perkajaan pokok perkantoran / kantor ) dalam mencapai tujuan atau targer organisasi . G.R Terry mengatakan bahwa pekerjaan perkantoran / kantor adalah pekerjaan yang bersifat melayani / Service Work yang mempunyai kegunaan untuk memudahkan dan meringankan , serta dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efektif ( tepat waktu )dan efisien ( tepat guna ) . Dalam bidang bisnis / swasta pelayanan merupakan nomor yang  diutamakan , perusahaan harus memberikan pelayanan yang terbaik .

2. Merembes Segenap Bagian Organisasi

Karena pekerjaan kantor / perkantoran yang bersifat melayani jadi menyebabakan sifat ini juga merembes keseluruh bagian di organisasi / perusahaan . Sifatnya yang melayani menyebabkan merambahnya kesemua pekerjaan operatif dalam organisasi / perusahan , seperti bagian produksi dan bagian penjualan dalam melakukan perkajaan perkantoran lebih bersifat terbuka dan luas . hal ini bersifat positif karena pekerjaan  kantor / perkantoran dapat dilakukan dimana saja dalam sebuah organisasi , tidak ada batasan di dalam kantor maupun diluar kantor itu sendiri .

3. Dilaksanakan Oleh Semua Pihak Dalam Organisasi .

Karena pekerjaan  kantor / perkantoran itu bersifat melayani dan mermbes ke seluruh bagian organisasi , mau tidak mau semua pihak yang ada dalam perusahaan / organisasi mulai dari pimpinan hingga karyawan paling bawah senantiasa ikut dalam mengerjakan pekerjaan perkantoran . contohnya , seorang Manajer HRD sebuah perusahaan mencatat pekerja / karyawan yang tidak masuk / pekerjan yang lembur tanpa mengurangi tugas pokoknya sebagai manajer HRD .

Sumber : glints.com

Jadi, berdasarkan ciri – ciri pekerjaan  kantor / perkantoran tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa pekerjaan  kantor / perkantoran  pada umunya merupakan sebuah fungsi  yang memberikan bantuan dan menjadikan tulang punggung bagi organisasi / perusahaan modern.

Sekian informasi dari penulis mengenai apa saja sih  Ciri – Ciri Pekerjaan  Kantor / Perkantoran .

Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi teman – teman semua . Jika ada kesalahan penulisan Mohon Maaf .

Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook dibawah  ini dan klik ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .

Enjoy . . . . .


Tidak ada komentar untuk "3 Ciri-Ciri Pekerjaan Kantor Yang Biasa Ditemukan - Administrasi Perkantoran"