Manajemen Waktu : Pengertian,Manfaat,Tips dan Cara

Daftar Isi [Tampil]

Manajemen Waktu : Pengertian,Manfaat,Tips dan Cara
sumber: labmanager.com

Pengertian Manajemen Waktu

    Manajemen waktu adalah sebuah rencana , pengorganisasian , penggerakan dan perluasan terhadap produktivitas waktu . waktu menjadi salah satu poin sumber daya dalam bekerja , karena waktu merupakan sumber daya bagi perusahaan untuk itu harus adanya pengelolaan waktu secara efektif dan efisien . 

    Maksud efektivitas disini adalah tercapainya sebuah tujuan manajemen waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya bagi perusahaan , sedangkan efisien memiliki 2 kandungan makna yaitu , sebagai pengurangan waktu yang sudah ditetapkan dan sebagai investasi waktu untuk menggunakan waktu yang telah ada .

Pengertian Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

1. Menurut Atkinson

    Beliau menyatakan bahwasannya manajemen waktu adalah sebuah jenis keterampilan yang berhubungan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang ( individu ) yang dilakukan secara terencana agar seseorang tersebut dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya .
 
2. Menurut Forsyth

    Beliau menyatakan bahwa manajemen waktu adalah cara yang dilakukan untuk membuat waktu menjadi lebih terkendali sehingga dapat menjamin terjadinya efektivitas dan efisiensi juga produktivitas .

    Jadi dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen waktu adalah sebuah bentuk keterampilan yang harus dimiliki oleh individu untuk mengelola waktu dengan efektif dan efisien guna meringankan setiap kegiatan yang dilakukannya secara berulang-ulang sehingga menghasilkan produktivitas kerja yang baik .

Manfaat Manajemen Waktu.

Manfaat manajemen waktu ada 5 , yaitu :

    1. Agar agenda atau kegiatan harian lebih teratur .
    2. Untuk mempermudah dalam mencapai tujuan .
    3. Agar tercapainya keteraturan dan keseimbangan dalam hidup .
    4. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam bekerja .
    5. Menghindarkan kita dari stress .

sumber: eleganttheme.com
Tips Manajemen Waktu.

Tips manajemen waktu ada 10 , yaitu :

1. Bersifat Aktif (Mengembangkan kepekaan individu / pribadi terhadap waktu)
2. Tentukan Sasaran (Mengidentifikasi tujuan jangka panjang, rencana jangka menengah dan rencana harian)
3. Tentukan prioritas dalam tindakan anda guna pemanfaatan waktu tebaik.
4. Fokus terhadap target Anda .
5. Pertahankan fokus Anda.
6. Lakukan pekerjaan sekarang juga tanpa menunggu.
7. Buatlah komitmen terhadap waktu.
8. Pemanfaatan waktu kosong (jika ada)
9. Pola hidup yang teratur.
10. Jangan membuang waktu hanya untuk melakukan kegiatan yang tidak ada efeknya untuk kelangsungan hidup atau kegiatan yang tidak berguna seperti ghibah / gosip .

Sifat dan Skala Prioritas Waktu

Terbagi menjadi 3 macam , yaitu :
    1. Jangan Dikerjakan
        Ciri-ciri :
        a. Masalah yang dapat hilang tanpa diatasi
        b. Sudah tidak berlaku / kadaluarsa
        c. Dikerjakan oleh orang lain

    2. Dikerjakan Nanti
        Ciri-ciri :
        a. Tidak ada jatuh tempo
        b. Tindakan dapat ditunda
        c. Tindakan dapat diperlambat

    3. Dikerjakan Sekarang
        Ciri-ciri :
        a. Kegiatan harian atau yang berulang- ulang.
sumber: liquidplanner.com

Cara Manajemen Waktu

Berikut ini adalah cara manajemen waktu / cara mengatur waktu agar hidup Anda lebih produktif.

1. Buatlah Rencana / Rincian Kegiatan.

Mengerjakan sesuatu tanpa mengetahui maksud dan tujuannya adalah perbuatan yang sia-sia dan banyak membuang waktu Anda.
Untuk itu tentukan dan urutkan kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari sehingga hidup Anda lebih teratur dan produktif.

2. Buatlah Sebuah Skala Prioritas

Skala prioritas sangat membantu Anda untuk menentukan pekerjaan mana yang harus Anda lakukan terlebih dahulu . hal ini dapat membantu Anda bekerja dengan melakukan atau mengerjakan kebutuhan yang sifatnya penting daripada yang kurang atau tidak penting. Skala prioritas itu dibagi menjadi 3 bagian yaitu jangan dikerjakan, dikerjakan nanti dan dikerjakan sekarang. Penjelasannya sudah ada di atas .

3. Tentukan Deadline (Batas / Tenggat Waktu)

Setiap pekerjaan yang Anda lakukan harus mempunyai batas waktu tertentu, hal ini untuk memastikan agar Anda serius dalam mengerjakan sebuah pekerjaan sehingga hasil dari pekerjaan tersebut dapat memuaskan semua pihak. Jangan pernah untuk tidak menggunakan tenggak / deadline dalam mengerjakan sesuatu karena dapat membuat Anda menjadi tidak fokus dan hasil yang dikeluarkan tidak mumpuni.

4. Fokus Pada Pekerjaan

Fokus pada pekerjaan dapat membuat Anda menghasilkan sebuah kinerja dan hasil kerja yang baik, sehingga membantu Anda untuk meningkatkan jenjang karier Anda secara pribadi dan membantu menaikkan nilai citra perusahaan dimata perusahaan lain . Notifikasi smartphone dapat menganggu kefokusan pegawai dalam bekerja untuk itu diharapkan saat memulai pekerjaan sebaiknya hp di silentkan atau di airplane mode saja.

5. Hindari Multitasking

Seorang pegawai yang mampu melakukan multitasking memang dapat dikategorikan sebagai pegawai yang hebat akan tetapi memiliki risiko yang sangat tinggi  karena dalam waktu bersamaan meraka melakukan banyak pekerjaan dan membagi fokus terhadap pekerjaan tersebut. Jika ada adalah seorang pegawai baru sebaiknya hindari multitasking ini karena dapat membahayakan kinerja Anda dan perusahaan, kecuali Anda adalah seorang jenius serta berpengalaman.

6. Pemindahan Tugas Yang Tidak Penting

Hal ini sah-sah saja selagi pegawai yang diminta mampu mengerjakan , tidak merasa keberatan dan sedang tidak melakukan kegiatan apa-apa. Hal ini dilakukan ketika Anda sedang dihadapkan dengan tugas-tugas pokok yang harus dikerjakan sekarang juga dan ada beberapa pekerjaan lain yang tidak terlalu penting .

7. Pola Hidup Sehat.

Karena suatu pekerjaan menuntut tingkat kekebalan tubuh yang tinggi, tentu Anda harus mengatur pola hidup yang sehat. Jika Anda telah selesai dalam mengerjakan tugas, pergilah keluar untuk mencari pemandangan yang enak dipandang oleh mata minum lah secangkir teh atau kopi dibawah pohon hal ini dilakukan agar Anda tidak terlalu stress dalam mengerjakan tugas. Karna akar permasalahan sakit itu awalnya adalah stress, ketika Anda stress Anda akan kehilangan konsentrasi, mood dan  nafsu makan, hal ini menyebabkan Anda kurang fokus dalam pekerjaan sehingga sangat merugikan bagi Anda dan perusahaan .
 
Sekian informasi dari Penulis mengenai Manajemen Waktu : Pengertian,Manfaat,Tips dan Cara
Semoga apa yang penulis sampaikan dapat bermanfaat bagi para administrator muda . Jika ada kesalahan penulisan Mohon Maaf .
Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook diatas  ini dan klik sukai dan ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi / pemberitahuan jika ada artikel baru dari website ini . Sekian .
Enjoy . . . . .
 

Tidak ada komentar untuk "Manajemen Waktu : Pengertian,Manfaat,Tips dan Cara"