Surat : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur dan Fungsi

Daftar Isi [Tampil]

Surat : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur dan Fungsi

Selamat Datang kembali para Administrator Muda Indonesia . Kali ini Penulis akan membahas mengenai apa sih Pengertian Surat Menurut Para Ahli Beserta Unsur dan Fungsinya . Baiklah, berikut ini adalah beberapa Pengertian Surat Menurut Para Ahli Beserta Unsur dan Fungsinya menurut penulis , langsung saja Scroll Down ! ! !  !

Pengertian Surat .



sumber : cleanpng.com

Dalam kegiatan perkantoran kita tidak dipisahkan dalam kegiatan ketik mengetik dan catat mencatat , hal ini memungkinkan kita untuk membuat surat bahkan untuk membalas surat yang telah dikirim ke perusahaan atau organisasi kita . apa itu surat ?

Pengertian surat adalah salah satu media komunikasi yang sifatnya tertulis yang memuat atau berisi informasi atau buah fikiran yang dikirimkan kepada pihak lain untu mendapatkan feedback / tanggapan . Pengertian surat juga merupakan sebuah sarana untuk menyampaikan informasi dari pihak satu kepihak yang lainnya secara tertulis . Informasi yang terdapat dalam isi surat biasanya berupa sebuah pemeberitahuan , suatu pernyataan , sebuah permintaan , laporan dan yang lainnya . 

Terdapat beberapa unsur dalam surat , yaitu :

1. Pengirim / Pembuat surat .

Yaitu pihak ( orang / lembaga ) terkait yang ingin menyampaikan pesan atau sebuah informasi .

2. Pesan / Isi Surat .

Yaitu maksud dari surat itu sendiri biasanya berada di baris isi surat ( paragraf ke 2 dalam surat ) yang isinya informasi penting seperti pembertitahuan , pernyataan , laporan dan lainnya .

3. Penerima surat . 

Yaitu pihak ( orang / lembaga ) terkait sebagai penerima informasi dari surat tersebut .

4. Media / Saluran .

Yaitu cara pengiriman surat sesuai dengan kepentingan surat tersebut .

Pengertian Surat Menurut Para Ahli .

Berikut ini penjelasan surat menurut beberapa pakar atau ahli , yaitu :

sumber : pngwing.com

1. Menurut Prajudi Admosudirdjo

Menurut beliau , Pengertian surat merupakan sehelai atau selembar kertas yang ditulis atas nama seorang ( pribadi ) penulis atau atas nama jabatannya dalam sebuah organisasi yang dismpaikan kepada alamat / pihak tertentu dan memuat bahan komunikasi .

2. Menurut S. Hidajat

Beliau menyatakan bahwa pengertian surat adalah sehelai ( selembar ) kertas atau lebih yang mana isinya dituliskan mengenai sebuah pernyataan , sesuatu yang ingin disampaikan atau dinyatakan , berita dan sesuatu yang ingin ditanyakan kepada pihak lain .

3. Menurut Darji .

Beliau menyatakan bahwa pengertian surat adalah sebuah model untuk menyampaikan suatu pernyataan atau informasi yang dibuat secara tertulis atas nama pribadi atau kedudukan disuatu organisasi .

4. Menurut Iis Sopyan .

Beliau menyatakan bahwa pengertian surat adalah sebuah model komunikasi bersifat tertulis yang memungkinkan untuk menjadi sarana seseorang untuk memberikan informasi atau mempertukarkan ide .

5. Menurut J. Wajong .

Beliau menyatakan bahwa pengertian surat adalah sebuah pernyataan / ungkapan secara tertulis kepada seseorang atau beberapa orang yang tidak dapat hadir .

6. Menurut W.J.S Poerwadarminta .

Beliau menyatakan bahwa dalam KUBI ( Kamus Umum Bahasa Indonesia ) pengertian surat adalah selembar kertas atau lebih yang tertulis atau alat yang digunakan untuk menyampaikan suatu maksud secara tertulis .

7. Menurut Diana Nababan .

Beliau menyatakan bahwa pengertian surat adalah sebuah media komunikasi yang disajikan dengan baik secara tertulis karena surat secara tidak langsung dapat mengambarkan tentang kepribadian pihak pengirim .

8. Menurut Sugeng Rusmiwari .

Beliau menyatakan bahwa pengertian surat adalah suatu media komunikasi yang menggunakan bahasa tulisan didalam kertas dan sangat erat dengan aktivitas yang dilakukan manusia . 

Jadi , berdasarkan beberapa pengertian surat secara umum dan menurut para ahli dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengertian Surat merupakan sehelai kertas atau lebih yang dijadikan sebagai alat komunikasi seseorang atau lembaga untuk menyampaikan suatu informasi baik berupa pernyataan , pemberitahuan ataupun laporan dan lainnya secara tertulis kepada pihak yang ingin ditujukan dengan berharap adanya feedback ( tanggapan ) .

sumber : graphicsweekly.wordpress.com
Surat memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

1. Surat berfungsi sebagai alat atau media komunikasi .

2. Surat berfungsi sebagai media atau alat pengingat jika dibutuhkan

3. Surat berfungsi sebagai media atau alat bukti tertulis secara otentik

4. Surat berfungsi sebagai nilai historis

5. Surat berfungsi sebagai perwakilan / duta organisasi

6. Surat berfungsi sebagai dasar pengambilan suatu keputusan

7. Surat berfungsi sebagai barometer .

Sekian informasi dari Penulis mengenai apa sih  Pengertian Surat Menurut Para Ahli Beserta Unsur dan Fungsinya.

Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi teman – teman semua . Jika ada kesalahan penulisan Mohon Maaf .

Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook diatas  ini dan klik sukai dan ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .

Enjoy . . . . .


Tidak ada komentar untuk "Surat : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur dan Fungsi"