Komunikasi Bisnis : Pengertian, Unsur, Proses, Tujuan dan Teknik

Daftar Isi [Tampil]

Komunikasi Bisnis : Pengertian, Unsur, Proses, Tujuan dan Teknik

komunikasi bisnis, pengertian komunikasi bisnis, pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli

Kali ini penulis akan mambahas mengenai komunikasi bisnis dimulai dari pengertian, unsur, proses tujuan serta teknik komunikasi bisnis .

Sebelumnya, selamat datang kembali buat para administrator muda Indonesia  , Penulis selalu berharap kita dalam keadaan terbaik dan diberikan nikmat sehat selalu.

Baiklah untuk tidak memperpanjang basa – basi langsung saja kalian scroll kebawah ya teman – teman sekalian .

Pengertian Komunikasi Bisnis

Sebelum kita membahas mengenai komunikasi bisnis, terlebih dulu kita kan membahas mengenai arti komunikasi itu sendiri

Komunikasi adalah kegiatan dasar bagi manusia karena dengan komunikasi manusia dapat saling terhubung satu sama lain dalam kehidupan sehari – hari baik dirumah, ditempat kerja maupun dipasar dan tempat ramai lainnya . 

Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communis yang artinya adalah membuat sama . Dalam etimologi atau bahasa komunikasi  disebut sebagai communicare yang artinya adalah memberitahukan atau berpartisipasi .  dan juga disebut sebagai communis opinion yang artinya adalah pendapat umum.

Sedangkan secara istilah atau terminologi komunikasi adalah suatu alur proses penyampaian sebuah pesan atau informasi dari seseorang terhadap orang lain baik penyampaian itu secara lisan ( langsung ) ataupun tidak langsung ( media ) dengan tujuan untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi atau pesan . Komunikasi merupakan sebuah hubungan kontak antara manusia baik individu ataupun kelompak

Dan juga komunikasi merupakan sebuah alur proses penyampaian gagasan atau ide , pesan dan informasi yang disampaikan dalam bentuk tertentu yang mengandung arti dilakukan oleh penghantar pesan yang ditujukan kepada penerima pesan .

Berdasarkan pengertian komunikasi  diatas, penulis mengambil kesimpulan bahwa pengertian komunikasi adalah sebuah alur proses penyampian ide, gagasan, informasi dan pesan melalui lisan atau media dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada penerima pesan atau informasi tersebut. 

Sedangkan pengertian komunikasi bisnis adalah syarat penting yang harus dilakukan atau dijalankan oleh sebuah organisasi atau perusahaan . Komunikasi ini dapat dilaksanakan secara verbal maupun non verbal . Dalam komunikasi bisnis proses yang dilakukan berisi sebuah ide , gagasan , pesan  , pendapat atapun informasi . 

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli , yaitu :

Menurut William Albig

Pengertian komunikasi bisnis adalah sebuah pertukaran pesan , ide , instruksi ataupun pendapat untuk mencapai target tertentu yang dikemas secara personal atau pun impersonal dengan menggunakan media baik berupa lambang atau logo atau juga menggunakan sinyal.

Menurut Rosenbalt

Pengertian  komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran pesan , ide , instruksi ataupun pendapat dan sebagainya untuk mencapai target perusahaan yang disampaikan secara personal / non personal dengan lambang atau sinyal  

Menurut Djoko Purwanto

Pengertian komunikasi bisnis adalah suatu komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis dan memiliki berbagai macam bentuk komunikasi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu baik dalam bentuk verbal atau pun non verbal

Unsur – Unsur komunikasi Bisnis

Secara umum ada 6 unsur dalam komunikasi bisnis , yaitu :

  • Pengirim / komunikator ( sender ) , pemberi atau penyebar pesan
  • Pesan ( message ) , Isi dari informasi
  • Saluran ( media / sinyal ) , Pendukung dalam proses komunikasi bisnis
  • Penerima / Komunikan ( receiver ) , Penerima pesan
  • Umpan balik ( feedback ) , Tanggapan atau respon 
  • Aturan yang disepakati antara pelaku komunikasi bisnis

Proses Komunikasi Bisnis

Prosesn komunikasi bisnis merupakan sebuah tahapan atau langkah – langkah dari proses antara pengirim pesan dalam menyampaikan pesannya tersebut kepada penerima pesan , sehingga diharapkan menimbulkan suatu persamaan makna dalam mengartikan pesan antara pengirim dan penerima pesan dengan maksud dan tujuan untuk mencapai komunikasi bisnis yang efektif .

komunikasi bisnis, proses komunikasi bisnis

Penjelasan  Proses Komunikasi Bisnis :

1. Pengirim pesan / sender  

Seseorang yang mempunyai sebuah informasi , pesan , ide , gagasan ataupun pendapat yang ingin disebarkan atau sampaikan baik secara langsung ataupun tidak

2. Encoding 

Pembuatan / penyampaian pesan dengan kode tertentu dalam bentuk kata - kata atau lambang , contoh : gambar , gerakan , warna , tanda baca , bahasa sandi dan lainnya .

3. Message

Isi dari sebuah pernyataan atau penyampaian biasanya berupa sebuah informasi , pesan , ide , gagasan ataupun pendapat dalam bentuk kata - kata , lambang , tanda baca , gambar , warna dan sebagainya yang disalurkan melalui media atau lisan

4. Media

Alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan seperti alat – alat elektronik dalam dunia bisnis contohnya Telephone, Faximile, Handphone , HT dan lain – lain .

5. Decoding

Sebuah proses memaknai atau menguraikan pesan dengan sebuah kode dalam bentuk kata - kata , lambang , tanda baca , gambar , warna dan sebagainya

6. Receiver

Seseorang yang menerima sebuah informasi , pesan , ide , gagasan ataupun pendapat baik secara langsung ataupun tidak .

7. Feedback / respon

Merupakan tanggapan / respon dari penerima sebuah informasi , pesan , ide , gagasan ataupun pendapat dalam menanggapi pesan tersebut sehingga menumbuhkan suatu rasa kepercayaan dan keterbukaan dalam berkomunikasi .

Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara umum ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam komunikasi bisnis , yaitu :

  • Komunikasi bisnis bertujuan untuk mencapai pemahaman yang sama atar kedua belah pihak
  • Upaya agar apa yang kita sampaikan atau niatkan dimengerti oleh pelanggan atau kolega
  • Komunikasi bisnis bertujuan untuk mempengarhui pelanggan atau kolega melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan atau kemauan perusahaan
  • Komunikasi bisnis bertujuan agar ide dan gagasan perusahaan dapat diterima oleh para kolega dan pelanggan / konsumen .

Teknik komunikasi bisnis

Secara umum ada beberapa teknik dalam komunikasi bisnis, yaitu :

  • Dalam melakukan komunikasi harus memiliki teknik dalam berbicara seperti gaya bahasa dan juga memahami bahasa internasional ( english , mandarin , dutch dan lainnya )
  • Seorang komunikator / komunikan bisnis harus antusias dalam berkomunikasi sehingga memberikan kesan kepada kolega atau pelanggan
  • Dalam komunikasi bisnis seorang komunikator / komunikan bisnis diharuskan mengajukan beberapa pertanyaan seputar topik atau gagasan yang dibahas oleh pelanggan atau kolega
  • Seorang komunikator / komunikan bisnis harus memberikan mimik wajah terbaik dengan memberikan senyuman terbaik miliknya kepada pelanggan atau kolega .

Baiklah sekian informasi dari penulis mengenai komunikasi bisnis dimulai dari pengertian, unsur, proses tujuan serta teknik komunikasi bisnis .

Maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam penulisan .

Semoga yang penulis tuangkan dapat bermanfaat bagi para pengajar , pelajar , mahasiswa dan masyarakat luas untuk menambah ilmunya .

Bagi kalian yang ingin mendapatkan notifikasi mengenai updatenya blog ini , silahkan ikuti dan sukai halaman facebook kami yang tertera di sudut kanan atas . sekian .

Enjoy . . . . .


Tidak ada komentar untuk " Komunikasi Bisnis : Pengertian, Unsur, Proses, Tujuan dan Teknik"