Pengertian Komunikasi Bisnis : Menurut Ahli dan Unsurnya

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli dan Unsurnya

pengertian komunikasi bisnis, jelaskan pengertian komunikasi bisnis, komunikasi bisnis


Kali ini penulis akan membahas pengertian komunikasi bisnis menurut beberapa ahli yang sangat berkompeten dibidangnya .

Sebelumnya, selamat datang kembali buat para administrator muda Indonesia  , Penulis selalu berharap kita dalam keadaan terbaik dan diberikan nikmat sehat selalu.

Baiklah untuk tidak memperpanjang basa – basi langsung saja kalian scroll kebawah ya teman – teman sekalian .

Pengertian Komunikasi Bisnis 

Komunikasi bisnis merupakan 2 kata yang memiliki arti tersendiri .

Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communis yang artinya adalah membuat sama . Dalam etimologi atau bahasa komunikasi  disebut sebagai communicare yang artinya adalah memberitahukan atau berpartisipasi .  dan juga disebut sebagai communis opinion yang artinya adalah pendapat umum.

Komunikasi sendiri artinya adalah sebuah proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang atau pihak lain dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan . 

sedangkan bisnis secara historis dalam bahasa inggris disebut sebagai bussines yang berasal dari kata busy yang artinya adalah sibuk . sibuk dalam artian melakukan atau mengerjakan suatau aktivitas atau kegiatan secara rutin yang menghasilkan atau mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut baik antar individu maupun kelompok masyarakat . 

dan juga bisnis  merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mencari atau menghasilkan keuntungan dengan cara melakukan penjualan atau pertukaran barang dan jasa .

komunikasi bisnis adalah syarat penting yang harus dilakukan atau dijalankan oleh sebuah organisasi atau perusahaan . Komunikasi ini dapat dilaksanakan secara verbal maupun non verbal . Dalam komunikasi bisnis proses yang dilakukan berisi sebuah ide , gagasan , pesan  , pendapat atapun informasi .

Pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan , pendapat , informasi dan instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol atau sinyal – sinyal untuk mencapai tujuan organisasi

Secara sederhana pengertian komunikasi bisnis merupakan sebuah proses komunikasi yang biasa dilakukan dalam dunia bisnis yang dimana memiliki banyak bentuk komunikasi sesuai dengan kepentingan dan tujuan sebuah perusahaan baik secara verbal maupun tidak.

Unsur Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis terdapat 6 unsur pokok didalamnya, yaitu :

  • Memiliki tujuan

Maksudnya komunikasi bisnis yang dilakukan sebelumnya harus memiliki tujuan dan harus sesuai dengan tujuan organsisasi atau perusahaan

  • Pertukaran

Artinya dalam melakukan sebuah komunikasi bisnis minimal melibatkan 2 orang atau lebih , dimana terdapat komunikator ( pengirim pesan ) dan komunikan ( penerima pesan )

  • Pesan

Artinya komunikasi bisnis berisikan gagasan , ide , instruksi serta informasi yang memiliki bentuk beragam tergantung pada tujuan dan sikon ( situasi dan kondisi ) .

  • Media

Artinya komunikasi bisnis dilakukan dengan mengguanakan saluran personal maupun impersonal yang sifatnya tatap muka melalui atau menggunakan media tertentu untuk menjangkau orang yang banyak dalam waktu bersamaan

  • Menggunakan simbol atau sinyal

Artinya dalam melakukan komunikasi bisnis menggunakan alat atau sebuah metode yang dapat dimengerti oleh penerima pesan agar terjadinya sebuah respon dan feedback yang baik

  • Pencapaian tujuan organisasi

Artinya dalam melakukan komunikasi bisnis selalu mengedepankan keuntungan yang diperoleh dari kedua belah pihak agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan sehingga proses komunikosi dapat berjalan dengan baik dan awet

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian komunikasi bisnis dari beberapa ahli , yaitu :

  • Menurut Rosenblatt :1982 

Beliau berpendapat bahwa pengertian komunikasi bisnis adalah sebuah proses pertukaran ide , paradigma , pesan dan instruksi yang dipaparkan secara personal maupaun impersonal dengan menggunakan sinyal – sinyal atau lambang – lambang dimana hal ini dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan organisasi .

  • Menurut Ferdi dan Dindin : 2018

Mereka berpendapat bahwa pengertian komunikasi bisnis adalah proses komunikasi dalam membuat sebuah keputusan (decision making) dimana dibatasi oleh ragam permasalahan yang berhubungan dengan pegawai informatika atau penentu kebijakan dalam teknologi informasi sehingga diharapkan mampu untuk mendapatkan pilihan yang terbaik dari berbagai alternatif yang disajikan  / yanga ada .

  • Menurut T Handayani :2010

Beliau berpendapat bahwa pengertian komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang dilakukan antar manusisa, manusia dengan institusi dan institusi dengan institusi yang berkaitan dengan pertukaran barang/jasa untuk memperoleh profit.

  • Menurut Hasim Nantjik : 1969

Beliau berpendapat bahwa pengertian komunikasi bisnis adalah segala alat digunakan untuk komunikasi kepada publik, baikberupa berita atau pendapat, apakah dikomunikasikan melalui surat kabar, majalah-majalah, ataukah buku-buku, melalui siaran radio, melalui tlevisi atau melalui film .

  • Menurut Djoko Purwanto : 2003

Beliau berpandangan bahwa pengertiankomunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, yang mencakup komunikasi verbal dan nonverbal 

  • Menurut Dr. Dorothy Rouly dan Driya Wiryawan 

Beliau mengemukakan bahwa pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang menyangkut berbagai macam bentuk komunikasi baik verbal maupun nonverbal untu mencapai tujuan tertentu

  • Menurut Kat : 1994

Beliau mengemukakan bahwa pengertian komunikasi bisnis merupakan sebuah pertukaran gagasan , pendapat , konsep , dan juga informasi yang berhubungan dengan pencapaian serangkaian tujuan bisnis ( perdagangan atau perniagaan ) . pengertia komunikasi bisnis juga dapat artikan sebagai sebuah proses komunikasi yang biasa terjadi dalam dunia bisnis yang bertujuan untuk mencapai target sebuah organisasi atau perusahaan.

  • Menurut Persing  : 1981

Beliau mengemukakan bahwa pengertian komunikasi bisnis merupakan sebuah alur proses penyampaian arti dari simbol ( lambang ) atau kode yang meliputi semua aspek yang ada kaitannya  dengan proses penyampaian dan receiver ( seseorang penerimaan pesan )  baik penyampaian pesan itu secara lisan ataupun tudak yang dilakukan dalam sebuah organisasi atau sebuah perusahaan yang membayar orang bersama-sama untuk menghasilkan barang atau jasa pasar demi mencari keuntungan yang diinginkan .

  • Menurut Curtis : 1992

Beliau mengemukakan bahwa pengertian komunikasi bisnis merupakan sebuah alur proses  komunikasi dalam sebuah organisasi bisnis atau perusahaan dalam memecahkan masalah dan dalam membuat  atau mengambil sebuah keputusan . Dalam bisnis pemangku jabatan tertinggi adalah orang yang mempunyai tanggung jawab untuk mengambil dan memutuskan sebuah keputusan dalam memecahkan masalah dengan mempertimbangan alternatif yang ada dan demi pengambilan keputusan yang efektif dan efesien .

  • Menurut Bovve Dan Thill 2009

Pengerti komunikasi bisnis adalah sebuah proses pengiriman makna dan informasi dalam dunia bisnis antara sender ( pengirim pesan ) kepada receiver / penerima pesan baik dalam bentuk lisan ,tertulis , visual atau bahkan dengan menggunakan media elektronik secara verbal ataupun non verbal dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu .

  • Menurut Angel 2007

Pengertian komunikasi bisnis adalah sebuah pertukaran atau perencanaan pesan yang dilakukan secara kelompok atau bersama - sama demi tercapainya sebuah tujuan organisasi atau sebuah perusahaan dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan bekerja sama.

Dari beberapa pengertian komunikasi bisnis diatas, penulis mengambil kesimpulan pengertian komunikasi bisnis adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan komunikasi dalam dunia / bidang bisnis yang mana komunikasi tersebut dilakukan secara langsung atau tidak yang bertujuan untuk mencapai target atau keuntungan secara maksimal dan menjaga kerja sama dengan baik .

Baiklah sekian informasi dari penulis mengenai pengertian komunikasi bisnis menurut beberapa ahli Maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam penulisan .

Semoga yang penulis tuangkan dapat bermanfaat bagi para pengajar , pelajar , mahasiswa dan masyarakat luas untuk menambah ilmunya .

Bagi kalian yang ingin mendapatkan notifikasi mengenai updatenya blog ini , silahkan ikuti dan sukai halaman facebook kami yang tertera di sudut kanan atas . sekian .

Enjoy . . . . .


Tidak ada komentar untuk "Pengertian Komunikasi Bisnis : Menurut Ahli dan Unsurnya"