Surat Bisnis Adalah : Pengertian, Ciri, Jenis dan Bagiannya

Daftar Isi [Tampil]

Surat Bisnis Adalah : Pengertian , Ciri , Jenis dan Bagiannya
surat bisnis, surat bisnis adalah, surat bisnis dan email merupakan contoh korespondensi yang dapat digunakan sebagai, surat bisnis contoh, surat bisnis dan email merupakan contoh korespondensi, surat bisnis pdf, surat bisnis permohonan audiensi, surat bisnis dalam bahasa indonesia, surat bisnis formal, surat bisnis dalam bahasa inggris, surat bisnis sederhana, jenis surat bisnis, struktur surat bisnis, jenis surat bisnis dalam bahasa inggris, conroh surat bisnis kerjasama, contoh surat bisnis berdasarkan fungsinya, contoh surat bisnis pdf, contoh surat bisnis doc, fungsi surat bisnis yaitu, fungsi surat bisnis adalah, macam-macam surat bisnis, surat bisnis bahasa inggris, jenis jenis surat bisnis dan contohnya, kesalahan yang umumnya sering dilakukan ketika menulis surat bisnis adalah, bagian bagian surat bisnis,

Surat bisnis adalah - Selamat datang kembali para pembaca blog adminmuda . Apa kabarnya ni semua ? semoga dalam keadaan baik dan sehat selalu ya . Aamiin .

Baiklah kali ini kita akan membahas mengenai pengertian surat bisnis adalah dan ciri - cirinya , jenisnya serta bagian pada surat bisnis itu sendiri menurut pengetahuan penulis . 

Langsung saja scroll kebawah ! ! !

Pengertian Surat Bisnis Adalah 

Sebelum kita membahas mengenai pengertian surat bisnis adalah , lebih dulu kita akan membahas mengenai pengertian surat .

Apa itu Surat ?

Untuk warga awam , sebutan surat tidaklah suatu yang baru ataupun asing. Surat digunakan oleh seorang baik selaku fasilitas penyampaian surat tertulis buat bermacam kepentingan, baik individu, kedinasan, ataupun bisnis dari seorang kepada orang ataupun pihak lain. Bersamaan dengan pertumbuhan teknologi data serta komunikasi yang begitu pesat, penyusunan serta penyampaian sesuatu surat dari satu pihak kepada pihak lain bisa dicoba bukan saja dengan kertas namun pula lewat electronics mail( e- mail).

Surat adalah secarik atau selembar kertas yang berisikan sebuah informasi , pesan , ide atau gagasan yang dikirimkan oleh seseorang kepada orang lain dalam maksud dan tujuan tertentu .

Pengertian Surat Bisnis Adalah ?

Surat bisnis adalah surat yang digunakan oleh seorang , lembaga organisasi ataupun institusi yang mengantarkan pesan - pesan bisnis secara tertulis kepada pihak lain dengan memakai media tertentu baik itu berbentuk pengiriman pesan via pos, faksmilie, telepon maupun melalui jalan internet sekalipun . Surat bisnis adalah sebuah  wujud/ tipe surat yang digunakan dalam lingkup bisnis/ dunia kerja . Surat bisnis adalah tipe surat resmi yang terbuat buat bermacam- macam keperluan dalam lingkup dunia bisnis

Dalam dunia bisnis, seorang ataupun sebuah perusahaan akan nampak lebih handal bila mereka memakai surat bisnis sebagai salah satu alat buat berhubungan atau berkomunikasi . Kerap kali kita dikira tidak sopan bila mengundang ataupun mengadakan suatu acara tanpa mengirimkan surat kepada pihak- pihak yang bersangkutan . Nah, perihal ini pula berlaku pada surat bisnis, Kehadirannya memegang kedudukan berarti buat melindungi kredibilitas seseorang ataupun sebuah perusahaan  / industri.

Surat bisnis adalah tipe surat yang mempunyai guna sebagai peralatan atau alat komunikasi tertulis buat bermacam tujuan bisnis serta dalam dunia kerja . Tujuannya juga beragam, mulai dari undangan, konvensi, data, statment, serta lain- lain . Nah, umumnya surat ini dibuat oleh industri / sebuah perusahaan serta dikirimkan oleh industri / perusahaan lain, investor maupun klien serta pemangku kepentingan.

Tidak hanya itu, surat bisnis pula bisa digunakan oleh sesama orang buat korespondensi serta memperlihatkan profesionalitas dalam dunia bisnis maupun dunia kerja dengan mencocokan dengan kebutuhan masing - masing .

Mengutip The Business Communication, salah satu manfaat yang diberikan dari surat bisnis adalah surat bisnis mampu untuk mempererat ikatan dengan sebuah perusahaan atau industri apalagi pemangku kepentingan, semacam investor ataupun klien . Apalagi, lewat surat ini kalian pula bisa melindungi ikatan dengan pelanggan.

Walaupun terkadang surat bisnis bisa dibuat serta dikirim lewat email, tidak sering masih terdapat beberapa industri atau perusahaan yang masih membuatnya di atas secarik kertas untuk keadaan atau hal yang sangat berarti. Perihal itu semacam verifikasi, pesan statment, rujukan, serta lain- lain.

Tidak sering pula , surat bisnis bisa digunakan dikala melamar pekerjaan maupun memohon rujukan kerja kepada pihak yang bersangkutan.

Jenis Surat Bisnis Adalah

Terdapat beberapa jenis dalam surat bisnis adalah antara lain :

1. Jenis Surat Bisnis Formal

Tipe surat yang satu ini umumnya memanglah diperuntukan buat keperluan ataupun korespondensi yang bersifat resmi atau formal . Contohnya , dikala kalian mau membuat perjanjian dengan investor, klien, ataupun industri lain . Tidak hanya itu , surat bisnis formal pula umumnya digunakan dikala memohon laporan penjualan ataupun  menuntaskan sebuah perselisihan yang terjadi baik dalam internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan seperti dengan klien , kolega / mitra atau konsumen sekalipun .

Bila merujuk kepada hal- hal di atas ataupun perihal yang seragam, hendaknya kalian wajib membuat suratnya dengan formal , mulai dari bahasa, kop surat, serta lain- lain.

2. Jenis Surat Bisnis Informal

Kebalikan dari surat formal , surat bisnis informal malah merupakan tipe surat bisnis yang nampak kasual serta tidak sangat kaku . Umumnya, tipe surat bisnis ini bisa digunakan buat memohon rujukan kerja, evaluasi karyawan, perkataan terima kasih, serta lain- lain. Walaupun begitu, kalian senantiasa wajib mencermati style bahasa beserta bagian- bagian di dalam suratnya. Apalagi, surat bisnis informal pula umumnya bisa dikirimkan lewat email.

Bagian Surat Bisnis Adalah

Berikut ini merupakan beberapa bagian dalam surat bisnis adalah sebagai berikut :

  • Kop surat 

Kop surat harus dimasukkan di dalam bagian surat bisnis . Tujuannya buat mengenali siapa pengirim pesan atau surat tersebut . Semacam yang kita tahu, tiap  perusahaan / industri dan instansi mempunyai kop surat yang berbeda- beda . Walaupun demikian, pesan dan informasi yang tertuang di dalamnya tidak jauh berbeda, semacam nama perusahaan / industri dan instansi , alamat email , logo bisnis, no kontak, no kantor pos, serta lain- lain.

  • Tanggal

Jangan lupa buat memasukkan tanggal yang bertepatan pada hari kalian menuliskan pesan atau surat tersebut. Umumnya, tanggal diletakkan di dasar judul, tepatnya di pojok kanan atas surat.

  • Data penerima

Pentingnya buat mencantumkan data penerima dalam surat bisnis . Alasannya , bila tidak terdapat datanya sama sekali , otomatis pesan atau surat bisnis tersebut tidak akan terkirim. Nah, apa saja kira- kira data yang wajib dicantumkan? Dikutip dari The Balance Careers, paling tidak wajib terdapat nama penerima, jabatan, perusahaan / industri dan instansi , serta alamat perusahaan / industri dan instansi mereka.

  • Salam

Perkataan salam pada dasarnya bisa dijadikan selaku pembuka pesan . Kalian dapat memakai salam sapaan semacam Dear Mr/ Mrs.( nama penerima) ataupun memakai sapaan yang lain.

  • Body ataupun isi surat

Dalam surat bisnis, kalian dapat membuat paragraf dengan membaginya jadi 3 bagian, ialah paragraf pembuka, isi, serta paragraf penutup. Paragraf pembuka dapat kalian mulai dengan uraian alasan kalian mengirim surat atau pesan tersebut.

Kemudian, pada bagian isi jelaskan data penunjang, misalnya tempat undangan , bertepatan pada , jam, serta lain- lain. Setelah itu, di paragraf terakhir merupakan bagian penutup. Kalian dapat membagikan perkata buat menunggu pihak dari penerima serta mengucapkan terima kasih.

  • Tanda tangan

Pada bagian akhir surat bisnis, jangan lupa buat membubuhkan tanda tangan beserta nama jelas pengirim surat bisnis . Tidak hanya itu, bila memerlukan catatan spesial , kalian dapat meningkatkan post script ataupun P. S di bawahnya .

Karakteristik / Ciri Bahasa Surat Bisnis Adalah

Berikut ini merupakan beberapa karakteristik ataupun ciri bahasa dari surat bisnis adalah sebagai berikut :

1. Jelas

Pengertian jelas disini merupakan kalimat yang tertulis dalam surat bisnis atau pesan yang gampang untuk dipahami serta terbebas dari kemungkinakan kesalahan tafsir. Dalam korespondensi bisnis , dituntut kecermatan dalam pemilihan kata , keutuhan kalimat serta pemakaian tanda baca.

2. Lugas

Pengertian lugas yakni hemat . Hemat berarti murah dalam memakai kata , namun dengan cakupan arti yang lengkap.

3. Menarik serta Santun

Bahasa yang menarik tidak wajib indah semacam bahasa yang digunakan dalam syair. Bahasa menarik disini maknanya yakni bahasa yang hidup serta santun , menjauhi pengulangan kata yang menjemukan serta sanggup membangkitkan atensi atau minat pembaca.

Fungsi Surat Bisnis Adalah

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari surat bisnis adalah sebagai berikut :

  • Surat bisnis berfungsi selaku wakil ataupun duta untuk pengirim pesan. Dalam kaitannya dengan dunia bisnis, surat bisnis berperan selaku pembawa surat bisnis dari pengirim pesan kepada pihak lain. Oleh sebab itu surat bisnis bisa berperan sebagi wakil dari pengirim pesan, pengirim pesan butuh mencermati bermacam kaidah penting dalam menulis atau menyusun sebuah pesan, misalnya: objektifitas , sistematika , kesederhanaan , serta kemudahan dimengerti ( kejelasan ) .
  • Perlengkapan buat mengantarkan pemberitahuan, permintaan ataupun permohonan, buah pikiran ataupun ide yang berkaitan dengan masalah- masalah bisnis , misalnya: surat permintaan data produk baru, surat penawaran produk baru, surat pemesanan produk, surat penagihan, surat penerimaan, surat penolakan, serta surat pangaduan( klaim).
  • Alat  bukti tertulis ( dokumen tertulis ) , misalnya surat perjanjian jual beli, surat perintah kerja, surat kerja sama, surat fakta ciri terima, serta faktur. Lewat surat- surat bisnis yang bisa dipakai alat bukti historis.
  • Alat buat mengingat, misalnya surat- surat bisnis yang diarsipkan, pada dikala diperlukan surat- surat tersebut bisa dilihat serta di cek kembali.
  • Bukti sejarah ( historis ) , misalnya surat- surat izin pendirian usaha, surat penggabungan usaha( merger).
  • Pedoman kerja, misalnya surat keputusan serta surat perintah( instruksi kerja). Surat- surat bisnis tersebut berperan selaku pedoman ataupun acuan dalam melakukan sesuatu aktivitas bisnis. 

Bentuk Surat Bisnis Adalah

Berikut ini merupakan beberapa Bentuk surat bisnis adalah sebagai berikut :

1. Surat Permintaan

Surat permintaan adalah surat yang digunakan pihak tertentu untuk menyatakan suatu keinginan atau permintaan tertentu ( produk ) kepada pihak lain ( mitra bisnis ) . Surat ini juga sering disebut sebagai order permintaan  ( PO= Purchase Order ), surat ini merupakan bagian dari bentuk surat bisnis .

2. Surat Penawaran

Surat penawaran adalah surat yang digunakan untuk menawarkan sesuatu ( produk atau kemampuan ) yang dimiliki oleh pihak lain . Biasanya surat penawaran ini diajukan kepada perusahaan disertai dengan company profile atau portofolio . Surat ini merupakan bagian dari bentuk surat bisnis .

3. Surat Perjanjian ( Kontrak )

Surat perjanjian adalah surat yang berisikan tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak yang bersepakat serta sanksi - sanksi yang mengikat , dan ditandatangani oleh pihak yang bersepakat diatas materai .  Surat ini merupakan bagian dari bentuk surat bisnis .

4. MoU ( Memorandum Of Understanding )

Mou adalah bentuk lain dari surat kesepakatan antara kedua belah pihak dengan nota kesepahaman yang berisikan kesepakatan diantara kedua belah pihak untuk melakukan kerja sama dalam satu atau lebih bentuk . Surat ini merupakan bagian dari bentuk surat bisnis . 

Baiklah sekian pembahasan kita mengenai pengertian surat bisnis adalah dan ciri - cirinya , jenisnya serta bagian pada surat bisnis itu sendiri menurut pengetahuan penulis . 

Semoga bermanfaat dan mampu untuk menambah wawasan serta pengetahuan pembaca semuanya . 

Maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel dan penulisan .

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan dan update artikel blog penulis dengan mengikuti penulis pada halaman FB administrator muda Indonesia  dan Twitter @administrator muda Indonesia  

Enjoyy 

Tidak ada komentar untuk "Surat Bisnis Adalah : Pengertian, Ciri, Jenis dan Bagiannya"