Sarana dan Prasarana: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Daftar Isi [Tampil]

Sarana dan Prasarana: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

sarana dan prasarana, pengertian sarana dan prasaran, perbedaaan sarana dan prasarana
Kali ini kita akan membahas mengenai Sarana dan Prasarana : Pengertian , Fungsi dan Contohnya .

Selamat datang kembali para Administrasi Muda Indonesia, sarana dan prasarana merupakan 2 kata yang saling tehubung yaitu kata sarana dan prasarana , sebelum kita mengetahui lebih jauh mengenai arti sarana dan prasarana secara langsung, alangkah baiknya jika kita mengetahui makna dari masing – masing kata.

Baiklah berikut ini merupakan pengertian dari sarana dan prasarana.

Pengertian Sarana dan Prasarana


Defenisi / Pengertian sarana dan prasarana sangat banyak , apalagi di era globalisasi ini banyak bermunculan ide – ide atau gagasan – gagasan baru mengenai defenisi dari sarana dan prasarana oleh para ahli di bidangnya . kali ini kita akan  membahas mengenai Sarana dan Prasarana : Pengertian , Fungsi dan Contohnya yang sederhana / simple saja ya guys yang biasa digunakan dalam kegitan sekolah ataupun perkuliahan.

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI

• Sarana
Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai atau dapat digunakan sebagai alat dalam mencapai suatu maksud atau tujuan tertentu .

• Prasarana
Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama dari terselenggaranya suatu proses ( usaha , pembangunan , proyek )

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut PERMENDIKNAS ( Peraturan Menteri Pendidikan Nasional ) No. 24 th 2007 .

• Sarana
Sarana adalah suatu perlengkapan pembelajaran yang dapat di pindah-pindahkan .

• Prasarana
Prasarana adalah suatu fasilitas dasar untuk menjalankan keseluruhan fungsi sekolah atau madrasah .
Contoh sarana pendidikan : gedung , ruang kelas , meja , dll .
Contoh prasarana pendidikan : taman , halaman , lapangan , dll .
sarana dan prasarana, pengertian sarana dan prasaran, perbedaaan sarana dan prasarana

Pengertian Sarana dan Prasarana secara Umum


• Sarana
Sarana adalah sebuah perlengkapan yang dapat atau yang biasa digunakan sebagai peralatan dan bahan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dari sebuah proses produksi .
• Prasarana
Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu produksi .

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli

1. Sarana dan Prasarana menurut Yuwono :2008
• Pengertian Sarana
Sarana adalah segala sesuatu hal yang dapat ataupun bisa digunakan sebagai peralatan / alat untuk mencapai suatu tujuan atau maksud yang telah ditetapkan.

• Pengertian Prasarana
Prasana adalah suatu perangkat yang dijadikan sebagai penunjang utama dalam usaha untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan secara bersama.

2. Pendapat menurut Bafadal : 2011
• Pengertian Sarana
Sarana adalah sebuah perlengkapan yang terdiri dari berbagai peralatan yang dijadikan sebagai bahan atau perabot yang secara langsung dapat dipakai dalam berkativitas atau berkegiatan.

3. Pendapat menurut Grigg : 1988.
• Pengertian Prasarana
Prasarana adalah bentuk dari segala kelengkapan dasar fisik dari kawasan , lingkungan , kota atau wilayah yang dapat memungkinkan ruang tersebut bisa berfungsi sebagaimana seharusnya .

4. Pendapat menurut Daryanto : 2005
• Pengertian Prasarana
Prasarana adalah suatu alat yang dipergunakan yang secara tidak langsung menunjang untuk mencapai suatu tujuan dari perusahaan atau instansi pemerintahan .

Jadi dari beberapa pengertian diatas mengenai sarana dan prasarana, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwasanya  Sarana adalah sebuah atau sesuatu yang berupa alat yang biasa digunakan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan atau ditetapkan sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang biasa digunakan sebagai penunjang utama agar terselenggaranya suatu produksi . atau juga dapat dikatakan bahwasannya sarana itu adalah sesuatu yang dapat bergerak sedangkan prasarana sesuatu yang tidak dapat bergerak .

Dan penulis menyimpulkan bahwa secara langsung sarana dan prasarana adalah sebuah tempat dimana terjadinya proses kegiatan kantor atau perusahaan yang dibantu dengan segala peralatan yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan atau permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan atau instansi pemerintahan
sarana dan prasarana, pengertian sarana dan prasaran, perbedaaan sarana dan prasarana

Fungsi Sarana dan Prasarana .

Secara umum terdapat 7fuungsi sarana dan prasarana , hal ini tentu berbeda dari ruang lingkup penggunaannya .
Tetapi walaupun sarana dan prasarana mempunyai suatu tujuan yang sama yaitu tujuan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan secara bersama . Berikut ini adalah fungsi umum dari sarana dan prasarana, yaitu :

  • Proses pelaksanaan pekerjaan menjadi cepat sehingga dapat menghemat waktu pekerjaan .
  • Dapat meningkatkan produktivitas baik berupa barang maupun berupa jasa .
  • Hasil pengkerjaan / hasil kerja lebih berkualitas ( berbobot ) dan terjamin .
  • Dapat memudahkan dalam gerak para pengguna ( para pekerja ) .
  • Ketetapan susunan stabilitas para pekerja lebih terjaga atau terjamin .
  • Dapat menimbulkan rasa nyaman bagi orang - orang yang bekepentingan .
  • Serta menimbulkan rasa puas pada orang – orang yang berkepentingan tadi dalam mempergunakannya .

Macam – Macam atau Contoh Sarana dan Prasarana .

Berikut ini adalah macam - macam atau contoh sarana dan prasarana , yaitu :
1. Sarana dan Prasarana  Sekolah
Sarana: peralatan – peralatan tulis , peralatan – peralatan peraga, peralatan – peralatan praktikum, peralatan – peralatan olahraga, komputer dan lainnya.

Prasarana: Gedung sekolah, halaman sekolah , lokal / r uang kelas , ruang majelis guru , lapangan untuk berolahraga , ruang praktikum dan lainnya .

2. Sarana dan Prasarana  Rumah Sakit
Sarana: peralatan – peralatan operasi, peralatan – peralatan kesehatan, obat /medicine dan obat bius , alat trasnportasi rumah sakit (ambulance) dan lain sebagainya.

Prasarana: Ruangan rumah sakit , gedung Rumah sakit , halaman rumah sakit , ruangan isolasi , ruangan I G D / U G D , dan ruangan lainnya di rumah sakit .

3. Sarana dan Prasarana  Kantor instansi , perusahaan atau organisasi
Sarana: Sebuah perlengkapan mesin seperti computer / laptop, alat jaringan ( WIFI ) , Alat foto copy , alat printer , alat scanner , alat proyektor ,meja , kursi dan lain sebagainya .

Prasarana: Gedung perkantoran , ruangan kantor , ruangan tamu , halaman kantor , lapangan kantor ( jika ada ) ,dan lain sebagainya.

4. Sarana dan Prasarana  Hotel atau tempat penginapan
Sarana:sebuah tempat tidur ,sebuah lemari, perlengkapan untuk mandi, perlengkapan spa, angkutan atau alat transportasi bagi tamu hotel ( bis pariwisata )

Prasarana: Gedung hotel , ruangan kamar hotel , ruangan lobi , tempat renang / kolam renang, halaman hotel , tempat parkir kendaraan , lapangan untuk berolahraga ( jika ada ) , Tempat gym ( jika ada ) dan lain sebainya .

Sekian informasi dari penulis mengenai mengenai Sarana dan Prasarana : Pengertian , Fungsi dan Contohnya dalam kehidupan sehari – hari .

Semoga apa yang penulis sampaikan dapat bermanfaat bagi teman – teman semua yang sedang dalam mengerjakan tugas atau sedang menambah ilmu pengetahuannya .

Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini dan ingin terus mendapatkan notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik halaman facebook dibawah ini dan klik ikuti agar kalian mendapatkan notifikasi artikel baru dari website ini . Sekian .

Enjoy . . . . . . . .

Tidak ada komentar untuk "Sarana dan Prasarana: Pengertian, Fungsi dan Contohnya"