Contoh Surat Pemutusan Kontrak Kerja Serta Pembahasan

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Surat Pemutusan Kontrak Kerja : Pembahasan

contoh surat pemutusan kontrak kerja, pengertian contoh surat pemutusan kontrak kerja, contoh surat pemutusan hubungan kerja, contoh surat pemutusan hubungan kerja karena covid, contoh surat pemutusan kerjasama, contoh surat pemutusan kontrak, contoh surat pemutusan kerjasama sepihak, contoh surat pemutusan hubungan kerja karena mengundurkan diri, contoh surat pemutusan indihome, contoh surat pemutusan listrik dari pln, contoh surat pemutusan hubungan kerja karyawan, contoh surat pemutusan kontrak kerja doc, contoh surat pemutusan hubungan kerja karena sakit, contoh surat pemutusan hubungan kerja karena pensiun, contoh surat pemutusan hubungan kerja karena kesalahan berat, contoh surat pemutusan hubungan kerjasama dengan vendor,

Contoh surat pemutusan kontrak kerja – Selamat Datang para administrator muda Indonesia semuanya . Gimana kabaranya ni? Semoga baik – baik saja ya dan sehat selalu . Aamiin .

Baiklah kali ini kita akan membahas sedikit mengenai contoh surat pemutusan kontrak kerja yang meliputi dari pengertiannya , ketentuannya , prosedurnya dan jenis – jenis dari contoh surat pemutusan kontrak kerja tersebut menurut keterbatasan pengetahuan penulis .

Langsung saja scroll kebawah ! ! !

Pengertian Surat Pemutusan Kontrak Kerja

Pengertian surat pemutusan kontrak kerja merupakan sebuah pengakhiran ikatan kerja sama ataupun sebuah kontrak kerja yag disebabkan suatu masalah tertentu yang mengakibatkan hak dan kewajiban seorang pekerja berakhir dengan industri atau perusahaan tertentu . 

Didalam Pasal 151 ayat( 1) Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja( Kluster Ketenagakerjaan) diterangkan jika pengusaha, pekerja, serikat pekerja, dan pemerintah harus mengupayakan biar tidak terjadinya sebuah PHK . 

Keputusan PHK bakal lebih gampang dipertahankan dikala industri atau perusahaan memiliki sebuah alasan yang sah ( rasional ) dan mencakup kasus misalnya pesangon karyawan , kesalahan seorang karyawan , reorganisasi yang menimbulkan penggantian posisi karyawan , ataupun pertimbangan keuangan sebuah industri atau perusahaan .

Jadi , dari pengertian diatas penulis menarik sebuah kesimpulan bahwasannya surat pemutusan kontrak kerja merupakan sebuah surat yang berisikan pengakhiran ikatan kerja antara seorang pekerja dengan sebuah perusahaan yang diakibatkan permasalahan tertentu .

Baca Juga :
PENGERTIAN SURAT KONTRAK KERJA
CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJA PERUSAHAAN

Landasan Dalam Membuat Surat Pemutusan Kontrak Kerja .

Didalam Pasal 15 ayat 4A UU No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sebuah perusahaan dapat melakukan pemutusan kontrak kerja apabila sebagai berikut :

  1. Perusahaan / Industri melaksanakan penggabungan, peleburan, pengambilalihan, maupun pembelahan industri serta pekerja tidak bersedia melanjutkan ikatan kerjasama kerja ataupun kebalikannya.
  2. Perusahaan / industri melaksanakan efisiensi dengan penutupan industri maupun yang diakibat oleh kerugian perusahaan itu sendiri .
  3. Perusahaan /  Industri tutup yang disebabkan oleh kerugian secara terus menerus selama kurun waktu 2 tahun;
  4. Perusahaan /  Industri tutup yang disebabkan keadaan memforsir( force majeur).
  5. Perusahaan /  Industri dalam keadaan penundaan kewajiban pembayaran utang
  6. Perusahaan / Industri pailit;
  7. Adanya permohonan pemutusan ikatan kerja yang diajukan oleh pekerja dengan alibi pengusaha melaksanakan perbuatan melanggar hukum sebagai berikut :

  • Menganiaya, menghina secara kasar maupun mengancam pekerja
  • Membujuk serta menyuruh pekerja buat melaksanakan perbuatan yang bertentangan dengan peraturan perundang- undangan
  • Tidak membayar upah pas pada waktunya yang telah diresmikan selama 3 bulan secara berturut-turut ataupun lebih, meski pengusaha membayar upah secara pas waktu sehabis itu.
  • Tidak melaksanakan kewajiban yang telah dijanjikan kepada pekerja
  • Memerintahkan pekerja buat melaksanakan pekerjaan di luar yang diperjanjikan
  • Membagikan pekerjaan yang membahayakan jiwa, keselamatan, kesehatan, serta kesusilaan atau kemanusiaan pekerja kebalikannya pekerjaan tersebut tidak dicantumkan pada perjanjian kerja
  • Adanya putusan lembaga penyelesaian perselisihan ikatan industrial yang memberi tahu pengusaha tidak melaksanakan perbuatan sebagaimana dimaksud pada ulasan tadinya terhadap permohonan yang diajukan oleh pekerja serta pengusaha memutuskan untuk membuat surat pemutusan ikatan kerja tersebut
  • Pekerja mengundurkan diri atas kemauan sendiri serta harus memenuhi beberapa syarat ialah mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambatnya 30 hari dikala saat sebelum bertepatan pada mulai pengunduran diri serta tidak terikat dalam jalinan dinas dan senantiasa melaksanakan kewajibannya sampai bertepatan pada waktu mulai pengunduran diri
  • Pekerja mangkir selama 5 hari kerja maupun lebih secara berturut- turut tanpa uraian secara tertulis yang dilengkapi dengan fakta yang sah serta telah dipanggil oleh pengusaha 2 kali secara pantas serta tertulis

  • Pekerja melakukan pelanggaran ketentuan yang diatur dalam perjanjian kerja, peraturan industri, maupun perjanjian kerja bersama dan sebelumnya telah diberikan pesan peringatan dini, kedua, dan ketiga secara berturut-turut  masing- masing berlaku buat sangat lama 6( 6) bulan kecuali ditetapkan dalam perjanjian kerja, peraturan industri, maupun perjanjian kerja bersama
  • Pekerja tidak dapat melaksanakan pekerjaan selama 6 bulan akibat ditahan pihak yang berwajib sebab melaksanakan tindak pidana
  • Pekerja mengidap sakit berkepanjangan maupun cacat akibat musibah kerja serta tidak dapat melaksanakan pekerjaannya sehabis melampaui batas 1 Tahun atau 12 Bulan .
  • Pekerja merambah usia pensiun
  • Pekerja wafat dunia.

Prosedur Dalam Membuat Surat Pemutusan Ikatan Kerja

Dalam pengakhiran sebuah ikatan atau kontrak kerja tidak boleh sembarangan karena ada prosedur yang harus dipatuhi dan diikuti oleh sebuah perusahaan atau industri . Proses ini harus bersumber pada etika serta dicoba dengan komunikasi 2 arah. Berikut tahapan prosedur yang harus dicoba oleh sebuah perusahaan  / industri saat sebelum melaksanakan pengakhiran kerjasama dengan seorang karyawan .

  • Musyawarah

Apabila terjalin pemutusan kerjasama ikatan kerja hingga prosedur dini yang harus dicoba ialah musyawarah oleh pihak industri dengan karyawan. Musyawarah ini bertujuan biar mendapatkan sebuah kata mufakat atau kesepakatan yang bisa diterima oleh kedua belah pihak . Dengan musyawarah ini kedua belah pihak bakal melaksanakan pembicaraan dengan tujuan untuk mencari pemecahan terbaik antara perusahaan dan karyawan.

  • Media Dengan Disnaker

Apabila permasalah yang terjalin tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah, hingga berikutnya ialah dialog dengan dinas tenaga kerja( disnaker) setempat . Hal ini dilakukan karena bertujuan untuk  menghasilkan tata cara penyelesaian apakah melalui mediasi ataupun rekonsiliasi.

  • Mediasi Hukum

Bila dengan perantara disnaker belum menggapai kata mufakat yang dapat diterima oleh kedua belah pihak maka langkah selanjutnya ialah upaya hukum yang dicoba hingga ke majelis hukum. Apabila hasil akhir dari pemutusan ikatan kerja sudah dilaksanakan , hingga bakal diajukan dengan melaksanakan permohonan secara tertulis kepada lembaga penyelesaian perselisihan ikatan industri atau perusahaan serta dengan alibi kenapa pemutusan kerjasama ini dicoba. Lembaga ini biasa disebut dengan Majelis Hukum Ikatan Industrial ( PHI) .

  • Perjanjian Bersama

Bila masih belum mencapai kata mufakat yang bisa diterima oleh kedua belah pihak maka dilakukan perjanjian tertulis dalam perjanjian bersama . Yang mana di dalam surat perjanjian tersebut harus ditandatangani oleh kedua belah pihak dan didaftarkan ke PHI setempat. Mengenai yang sama wajib dilaksanakan dengan  perjanjian pada tingkatan mediasi serta konsiliasi dengan dorongan dari Disnaker.

  • Membagikan Duit Pesangon

Apabila pemutusan ikatan kerjasama kerja dicoba, hingga industri wajib membagikan duit pesangon kepada karyawan. Syarat dalam pemberian pesangon sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 Pasal 2 dan Pasal 3.


Jenis- Jenis Dalam Surat Pemutusan Kontrak Kerja

  • Pemutusan Ikatan Kerja Secara Sukarela

Pemutusan kontrak kerja secara sukarela ialah seorang karyawan dapat secara sukarela memutuskan ikatan kerja dengan sebuah perusahaan /  industri. Seorang karyawan yang memutuskan ikatan kerja mereka dengan industri biasanya ingin memperoleh pekerjaan yang baik, mengundurkan diri buat memulai bisnis sendiri, rehat sejenak dari pekerjaan maupun pensiun hingga wafat dunia. Karyawan bisa saja bekerja dengan tekanan  yang besar dan situasi kerja yang sulit semacam pendapatan rendah, pelecehan, posisi kerja yang tidak membolehkan, pertambahan jam kerja serta beberapa alasan lainnya .

Biasanya ini memforsir karyawan buat mengundurkan diri sendiri. Hal ini dikarenakan kepercayaan atas aksi atasannya selama masa kerja melanggar hukum sehingga karyawan berhak atas kompensasi maupun tunjangan. Seorang karyawan yang sukarela meninggalkan pekerjaannya diharuskan membuat pemberitahuan kepada seorang atasan terlebih dahulu baik secara lisan maupun tertulis.

  • Pemutusan Ikatan Karyawan Tidak Secara Sukarela

Biasanya ini terjalin dikala kondisi ekonomi industri lagi tidak bagus. Menyebabkan terjadinya PHK secara tidak sukarela . Pemutusan kontrak kerja ini terjadi karena sebuah perusahaan mengalami kerugian ataupun alasan internal lainnya sehingga  memberhentikan ataupun memecat karyawan secara paksa .

Sebuah perusahaan yang melaksanakan ini disebabkan kekurangan dana untuk melakukan kegiatan operasional sehingga harus menstruktur ulang sebuah perusahaan biar dapat bertahan. Karyawan yang dilepas pada umumnya bukan disebabkan oleh kesalahan mereka sendiri, namun ini bisa saja terjalin karena efisiensi, menghindari kebrangkrutan dan lain sebagainya. Dalam keadaan semacam ini, industri diharuskan membagikan pesangon kepada karyawan karena hak karyawan dan para pekerja dilindungi oleh Undang- Undang Ketenagakerjaan.

Contoh Surat Pemutusan Kontrak Kerja 

Berikut ini merupakan struktur dari contoh surat pemutusan kontrak kerja ataupun pemberhentian kerja, pada dasarnya struktur contoh surat pemutusan kontrak kerja tidak berbeda jauh dengan surat pada biasanya. Terdiri dari kepala surat, nama tempat pemberi kerja ataupun perusahan, nama pekerja, sampai peran pekerja yang hendak diberhentikan. Surat pemutusan kontrak kerja wajib tertulis didalamnya meliputi tujuan , hal , jenis , serta alasan pekerja tersebut tidak lagi bisa bekerja di perusahaan tersebut .

Berikut ini ada 4 contoh surat pemutusan kontrak kerja yang bisa Kamu tahu. Sehingga nantinya jika terdapat seorang pekerjamu yang mempunyai kinerja kurang maksimal , maka kamu tidak lagi kebingungan untuk membuat contoh surat pemutusan kontrak kerja kepadanya. Lihatlah dengan baik contohnya dibawah ini :

Contoh Surat Pemutusan Kontrak Kerja Dengan Alasan Efesiensi

Dikala sebuah perusahaan ataupun tempat kalian bekerja menghadapi suatu keadaan pailit ataupun nyaris bangkrut, umumnya terjadi tindakan pengurangan pegawai. Sehingga ingin tidak ingin seorang pimpinan perusahaan akan melakukan tindakan pengurangan jumlah pekerja demi efisiensi. Umumnya seorang pimpinan perusahaan  akan melaksanakan pemutusan ikatan kerja untuk pekerjanya dalam jumlah yang tidak sedikit untuk sebuah perusahaan yang berskala besar.

PT. Muda Berkarya

Jl. Soedirman No. 166 Medan

Telp. (0621)112233 Fax. 112233


SURAT PEMUTUSAN KONTRAK KERJA

Nomor : 013/ PT. MB/PHK/I/2020


Perihal : ContohSurat Pemutusan Kontrak Kerja

Kepada Yth,

Sdr. Pablo

Di tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan kondisi perusahaan yang sedang menghadai masa sulitnya karena berbagai faktor yang menghantam perusahaan dari segala arah. Maka dari itu, kami selaku pihak perusahaan memohon maaf karena kami tidak mampu melanjutkan kontrak kerja dengan sau dara Pablo , Untuk itu kami lampirkan surat pemutusan kontrak kerja dan uang pesangon yang menjadi hak saudara Pablo. 

Dengan demikian, terhitung mulai Tanggal 1 Bulan Januari Tahun 2020, hubungan kerja antara PT. Muda Berkarya dengan Saudara Pablo dinyatakan berakhir. Atas nama perusahaan, kami menyampaikan terima kasih banyak atas kinerja dan dedikasi tinggi yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan kontrak kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.


Medan, 1 Januari 2020

PT. Muda Berkarya


Escobar

Staff HRD


Contoh Pesan Pemutusan Kontrak  Kerja Dengan Alasan Tidak Disiplin

Tidak sedikit pekerja yang secara terus menerus menampilkan kinerja yang kurang baik. Bila itu terjadi  pada perusahaanmu , maka surat pemutusan kontrak kerja akan tiba padanya . Ketidakdisiplinan pekerja dapat menjadi tolak ukur kamu untuk memberhentikan pekerja yang membuat perushaanmu mengalami citra buruk dimata konsumen .

PT. Muda Berkarya

Jl. Soedirman No. 166 Medan

Telp. (0621)112233 Fax. 112233


SURAT PEMUTUSAN KONTRAK KERJA

Nomor : 013/ PT. MB/PHK/I/2020


Perihal : ContohSurat Pemutusan Kontrak Kerja

Kepada Yth,

Sdr. Pablo

Di tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan hasil evaluasi kinerja saudara selama 12 bulan terakhir, maka kami menilai sering tidak hadirnya saudara pada jam kantor serta perkataan dan perbuatan saudara yang sangat kasar dan tidak sopan sehingga menggangu pekerjaan karyawan lainnya. Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (Pemutusan Hubungan Kerja) dengan Saudara Pablo

Dengan demikian, terhitung mulai Tanggal 1 Bulan Januari Tahun 2020, hubungan kerja antara PT. Muda Berkarya dengan Saudara Pablo dinyatakan berakhir. Atas nama perusahaan, kami menyampaikan terima kasih banyak atas kinerja dan dedikasi yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan kontrak kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.


Medan, 1 Januari 2020

PT. Muda Berkarya


Escobar

Staff HRD


Contoh Pesan Pemutusan Kontrak Kerja dengan Alasan Masa Percobaan

Pekerja dalam masa percobaan ataupun magang bisa saja Kamu berhentikan. Tidak ada salahnya jika kamu membuat surat pemutusan kontrak kerja terhadapnya walaupun dia merupakan pekerja . Sepanjang sebab pemutusannya masih rasional seperti tidak disiplin ataupun tidak sanggup menggapai sasaran yang  telah ditentukan oleh perusahaan selama masa percobaan.

PT. Muda Berkarya

Jl. Soedirman No. 166 Medan

Telp. (0621)112233 Fax. 112233


SURAT PEMUTUSAN KONTRAK KERJA

Nomor : 013/ PT. MB/PHK/I/2020


Perihal : ContohSurat Pemutusan Kontrak Kerja

Kepada Yth,

Sdr. Pablo

Di tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan hasil training kinerja saudara selama 12 bulan terakhir, maka kami menilai sulitnya saudara untuk mengkuti budaya kantor selama 12 bulan terakhir dan progres yang saudara hasilkan juga belum dapat dikatakan maksimal. Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (Pemutusan Hubungan Kerja) dengan Saudara Pablo

Dengan demikian, terhitung mulai Tanggal 1 Bulan Januari Tahun 2020, hubungan kerja antara PT. Muda Berkarya dengan Saudara Pablo dinyatakan berakhir. Atas nama perusahaan, kami menyampaikan terima kasih banyak atas kinerja dan dedikasi yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan kontrak kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.


Medan, 1 Januari 2020

PT. Muda Berkarya


Escobar

Staff HRD

Contoh Pesan Pemutusan Kontrak Kerja dengan Alasan Kesalahan Pekerja

Kamu mendapati salah satu pekerja di perusahaanmu melakukan kesalahan yang parah, hingga wajar surat pemutusan kontrak kerja diberikan kepadanya. Sampaikan didalam surat tersebut mengenai alasan pekerja tersebut di pecat sehingga pekerja tersebut dapat mengetahui kesalhannya dan mengevaluasi dirinya sendiri

PT. Muda Berkarya

Jl. Soedirman No. 166 Medan

Telp. (0621)112233 Fax. 112233


SURAT PEMUTUSAN KONTRAK KERJA

Nomor : 013/ PT. MB/PHK/I/2020


Perihal : ContohSurat Pemutusan Kontrak Kerja

Kepada Yth,

Sdr. Pablo

Di tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan peristiwa yang terjadi pada tanggal 29 Desember 2019 yang mana dalam video viral yang beredar dimedia sosial terlihat saudara sedang melaukan tindakan yang tidak senonoh kepada seorang wanita yang bukan istri Anda, sehingga membuat nama perusahaan kami tercoreng . Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (Pemutusan Hubungan Kerja) dengan Saudara Pablo

Dengan demikian, terhitung mulai Tanggal 1 Bulan Januari Tahun 2020, hubungan kerja antara PT. Muda Berkarya dengan Saudara Pablo dinyatakan berakhir. Atas nama perusahaan, kami menyampaikan terima kasih banyak atas kinerja dan dedikasi yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan kontrak kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.


Medan, 1 Januari 2020

PT. Muda Berkarya


Escobar

Staff HRD


Baiklah sekian pembahasan kita mengenai contoh surat pemutusan kontrak kerja yang meliputi dari pengertiannya , ketentuannya , prosedurnya dan jenis – jenis dari contoh surat pemutusan kontrak kerja tersebut menurut keterbatasan pengetahuan penulis .

Semoga bermanfaat dan mampu untuk menambah wawasan serta pengetahuan pembaca semuanya . 

Maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel dan penulisan .

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan dan update artikel blog penulis dengan mengikuti penulis pada halaman FB administrator muda Indonesia  dan Twitter @administrator muda Indonesia  

Enjoyy 

Baca Juga :
PENGERTIAN PROTOKOL DAN KEPROTOKOLAN
RUANG LINGKUP PROTOKOL DAN KEPROTOKOLAN
TUGAS PROTOKOL DAN KEPROTOKOLAN
PENGERTIAN TAMU KANTOR
PENGERTIAN AGENDA KERJA PIMPINAN

Tidak ada komentar untuk "Contoh Surat Pemutusan Kontrak Kerja Serta Pembahasan"