Diklat Teknis Adalah : Pengertian , Jenjang dan Contohnya

Daftar Isi [Tampil]

Diklat Teknis Adalah : Pengertian , Jenjang ,  Contoh , Manfaat , Tujuan Serta Sasarannya .

diklat teknis adalah, diklat teknis pdf, diklat teknis guru, diklat teknis pns, diklat teknis apa saja, diklat teknis profesi, diklat teknis profesi pendidikan, diklat teknis fungsional, diklat teknis asn, diklat teknis itu apa, diklat teknis mahkamah agung, contoh diklat teknis, contoh diklat teknis untuk guru, jenis diklat teknis, diklat teknis 20 jp adalah, contoh diklat teknis 20 jp untuk guru, diklat prajabatan termasuk diklat teknis, contoh diklat teknis adalah, diklat teknis guru adalah, diklat non teknis adalah, diklat teknis fungsional adalah, diklat teknis substantif adalah, diklat teknis profesi pendidikan adalah, diklat teknis dan fungsional adalah, perbedaan diklat teknis dan diklat fungsional, jenis diklat teknis kepegawaian, diklat struktural adalah,

Diklat teknis adalah – Selamat datang kembali para administrator muda Indonesia semuanya .

Gimana  kabaranya ni ? semoga semuanya dalam keadaan terbaik dan sehat selalu yaa . Aamiin .

Baiklah kali ini kita akan membahas mengenai diklat teknis adalah yang meliputi pengertiannya , jenjangnya , contohnya ,  manfaatnya , tujuan serta sasaran dari diklat teknis  itu sendiri ya gess ya menurut keterbatasan pengetahuan penulis .

Langsung saja scroll kebawah ya ! ! !

Pengertian Diklat Teknis Adalah .

Apa sih pengertian diklat teknis adalah ?

Sebelum kita membahasa pengertian diklat teknis adalah , terlebih dahulu kita akan membahas pengertian diklat itu sendiri .

Pengertian Diklat .

Pengertian diklat adalah sebuah penyelenggaraan proses belajar dan mengajar dalam rangka untuk meningkatkan wawasan pengetahuan , skill dan keterampilan seorang pegawai atau karyawan dalam sebuah perusahaan atau instansi tertentu .

Pada dasarnya diklat mengandung 2 fungsi utama yaitu sebagai alat untuk meningkatkan pengetahuan seorang pegawai atau karyawan dan juga untuk menambah skill atau keterampilan seorang pegawai atau karyawan dalam sebuah perusahaan atau instansi pemertintahan .

Baca Juga :
Apa itu Diklat ?
DIKLAT FUNGSIONAL ADALAH

Pengertian Diklat Teknis Adalah .

Pengertian diklat teknis adalah sebuah diklat yang dilakukan untuk mencapai suatu persyaratan kompetensi teknis yang dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan tugas para PNS . Kompetensi teknis yang dimaksud merupakan sebuah kemampuan seorang pns dalam hal bidang – bidang teknis tertentu yang dilakukan untuk mengerjakan tugas masing – masing .

Atau juga diklat teknis adalah sebuah pendidikan dan pelatihan yang dilakukan untuk mencapai sebuah persyaratan kompetensi teknis yang sesuai dengan jenis dan jenjang pada jabatan masing – masing .

Jadi , dari beberapa pengertian diatas penulis menarik sebuah kesimpulan bahwasannya pengertian diklat teknis adalah sebuah atau bentuk diklat yang dilakukan untuk mencapai sebuah persyaratan pada kompetensi teknis tertentu yang sesuai dengan jenis dan jenjang pada jabatan masing – masing serta melaksanakan tugasnya sebagai seorang PNS .

Contoh Diklat Teknis Adalah 

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari diklat teknis adalah sebagai berikut :

1. Diklat IGOS ( Indonesia Go Open Sources )

IGOS merupakan sebuah keputusan strategis yang diambil pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari pemerintah Republik Indonesia melalui lembaga-lembaga terkait. Diklat IGOS merupakan pemberian wawasan , pengetahuan dan skill atau keterampilan terhadap penggunaan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat . IGOS dideklarasikan pada tanggal 30 Juni 2004

2. Diklat Teknologi Informasi Terpadu 

Merupakan sebuah diklat yang dilakukan untuk menambah atau meningkatkan wawasan , pengetahuan dan skill atau keterampilan terhadap penggunaan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga proses pelayanan berjalan lebih cepat dan otomatis .

3. Diklat Penyidik PNS atau Pegawai Negeri Sipil yang sekarang telah diganti sebutannya menjadi  ASN ( Aparatur Sipil Negara )

Penyidik PNS merupakan sebuah jabatan tertentu yang dilandasi oleh peraturan perundang-undangan . penyidik pns ditunjuk sebagai seorang penyidik dan mempunyai keistimewaan untuk berwenang melakukan penyidikan terhadap tindak pidana yang terjadi dalam lingkup undang-undang yang menjadi dasar hukumnya masing-masing  .

Diklat Penyidik PNS merupakan pendidikan dan pelatiha yang diberikan kepada seorang pns yang telah ditunjuk sebagai seorang penyidik dan diberikan segala pengetahuan serta keterampilan atau skill dalam menyelidiki segala kemungkinan tindak pelanggaran hukum pidana yang terjadi pada lingkungan pemerintahannya yang mana setiap tindakannya dilandasi dengan peraturan perundang – undangan .

4. Diklat PBJ ( Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah )

Diklat pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan suatu bentuk penyelenggaraan proses belajar dan mengajar yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa yang dibiayai oleh Negara ( APBN ) atau Daerah ( APBD ) . secara umum diklat pengadaan barang dan jasa pemerintah  diselenggarakan secara swakelola atau dilakukan  oleh pihak penyedia barang dan jasa tersbut .

5. Diklat Perencanaan dan Pengembangan PNS / ASN

Meruapkan bentuk diklat teknis yang diikuti oleh seorang PNS atau pejabat lain yang telah menduduki atau akan diangkat dalam jabatan struktural eselon Ill dan eselon IV bidang perencanaan dan pengembangan PNS pada satuan unit kerja kepegawaian .

Jenjang Diklat Teknis Adalah 

Terdapat beberapa jenjang dalam diklat teknis adalah sebagai berikut :

1. Diklat Teknis Bidang Umum Atau Administrasi Dan Manajemen .

Merupakan sebuah bentuk diklat yang memberikan pengetahuan , keterampilan atau skill dan penguasaan  pada bidang pelayanan teknis yang memilki sifat yang umum untuk menunjang atau meninkatkan produktivitas kerja instansi yang bersangkutan dalam bidang administrasi / umum dan manajemen .

2. Diklat Teknis Bidang Substantif .

Merupakan sebuah bentuk diklat yang memberikan suatu pengetahuan , keterampialan atau skill dan penguasaan teknis yang terkait secara langsung dengan pelaksanaan sebuah tugas pokok instansi pemerintah tersebut .

Manfaat Diklat Teknis Adalah

Secara umum terdapat beberapa manfaat dari diklat teknis adalah sebagai berikut  :

  1. Diklat yang dilakukan diharapkan memberikan  peningkatan kestabilitasan seorang pegawai .
  2. Diklat yang dilakukan diharapkan mampu memperbaiki cara kerja pegawai . 
  3. Diklat yang dilakukan diharapkan mampu bekerja lebih efisien dan efektif .
  4. Diklat yang dilakukan diharapkan mempu mengerjakan tugas dengan amat baik .
  5. Diklat yang dilakukan diharapkan pegawai mampu berkembang dengan cepat dan pesat .
  6. Diklat yang dilakukan diharapkan pegawai mampu untuk mengembangkan diri .
  7. Diklat yang dilakukan diharapkan mampu untuk meningkatkan semangat serta hasil atau produktivitas kerja pegawai tersebut .

Diklat teknis juga mempunya manfaat serta kegunaan bagi  para pegawai atau pihak yang mengikuti diklat dan juga instansi yang bersangkutan antara lain :

1. Bagi Pegawai yang mengikuti diklat teknis adalah sebagai berikut :

  1. Untuk menambahkan pengetahuan tentang penemuan – penemuan terakhir
  2. Dapat menambah serta memperbaiaki keahlian dan keterampilan atau skill dalam bidang tertentu
  3. Dapat memperbaiki dan menambah sikap lebih baik dari sebelumnya 
  4. Dapat menambah dan memperbaiki rasa balas jasa

2. Bagi instansi 

  • Dapat meningkatkan produktivitas dan hasil kerja pegawai serta instansi
  • Dapat menghemat biaya pengeluaran
  • Dapat memaksimalkan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat banyak
  • Dapat memperbaiki citra atau image instansi dimata masyarakat 

Tujuan Diklat Teknis Adalah

Secara umum terdapat beberapa tujuan dari diklat teknis adalah sebagai berikut :

  • Agar para pegawai mampu mengenal kedudukan organisasi dan peran instansi masing – masing dalam sebua birokrasi atau jalannya pemerintahan .
  • Agar para pegawai mampu  melaksanakan dan mengerjakan tugas atau beban kerjanya sehari – hari dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara efektif dan efisien baik sebagai staff ataupun pimpinan sebuah instansi pemerntahan

Sasaran Diklat Teknis Adalah

Secara umum terdapat beberapa sasaran dari diklat teknis adalah sebagai berikut :

  1. Tersedianya para pegawai yang memiliki kepribadian dan sikap dasar sebagai aparatur sipil negara yang disiplin , berjiwa pengabdian , berdedikasi tinggi , serta mempunyai etos kerja yang baik dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat luas Indonesia .
  2. Tersedianya para pegawai yang memiliki wawasan serta pengetahuan dasar sistem administrasi negara komprehensif
  3. Tersedianya para pegawai yang memiliki kemampuan untuk mengelola administrasi perkantoran
  4. Tersedianya para pegawai yang memiliki keterampilan atau skill operasional dalam bidang dasar kepemimpinan dan manajerial sebuah instansi pemerintahan .

Baiklah sekian pembahasan kita mengenai diklat teknis adalah yang meliputi pengertiannya , jenjangnya , contohnya ,  manfaatnya , tujuan serta sasaran dari diklat teknis  itu sendiri ya gess ya menurut keterbatasan pengetahuan penulis .

Semoga bermanfaat dan mampu untuk menambah wawasan serta pengetahuan pembaca semuanya . 

Maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel dan penulisan .

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan dan update artikel blog penulis dengan mengikuti penulis pada halaman FB administrator muda Indonesia  dan Twitter @administrator muda Indonesia  

Enjoyy

Tidak ada komentar untuk "Diklat Teknis Adalah : Pengertian , Jenjang dan Contohnya"